Format video Paling Populer di Dunia | LiteTeknoID

Format video Paling Populer di Dunia

Kalian tau ga format video yang paling Populer di Dunia??. Di postingan kali ini, aku mau kasih tau nih semua format video yang banyak banget orang pake, mulai dari yang hanya bisa dimainkan di PC atau Laptop, bahkan di Handphone kamu. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. AVI

video
avi

Video dengan ekstensi AVI jauh lebih bersih dan gambarnya lebih tajam dibandingkan dengan video dengan format MPEG, SWF, FLV, 3GP maupun MOV. Hal itu sebanding dengan ukuran filenya yang besar karena AVI merupakan jenis file video yang tidak terkompresi. Format ini termasuk pada format video yang tidak dikompresi. Format AVI merupakan standar microsoft dan windows sebagai platformnya.

Video yang menggunakan format ini akan menghasilkan ukuran file yang sangat besar karena resolusi yang dipakai sesuai dengan resolusi asli sumber video. Format ini juga dipakai sebagai kualitas terbaik yang digunakan untuk menentukan hasil akhir dari sebuah video. Namun format ini hanya dapat dimainkan di komputer saja.

2. MKV

video
mkv

atau Matroska Video merupakan format file yang dapat menyimpan banyak / tidak terbatas, jumlah video, audio, gambar, subtitle hanya dalam sebuah atau satu file. Format MKV bersifat open source, sehingga banyak perangkat yang sudah mendukung format ini di dalamnya, bahkan Android.

Selain itu, sebagian besar software juga sudah mendukung sepenuhnya format ini, seperti VLC, PowerDVD, GOM Player, MPC, Media Server, dan masih banyak lainnya.

3. MP4

video
mp4

MP4 adalah nama ekstensi untuk format MPEG-4 bisa juga disebut dengan MPEG-4 ataupun H-264. MP4 merupakan salah satu format multimedia yang merupakan format gabungan saat merekam video serta audio.

Tapi dengan kemampuan lainnya yang dapat menangani data lain seperti subtitle. Kelebihan lainnya adalah bisa dilakukannya streaming melalui internet dikarenakan bitrate nya tidak terlalu besar dan dapat menghemat bandwith saat streaming.

Baca Juga :   Linux Ubuntu vs. Windows, lebih bagus yang mana?

4. FLV

video
flv

bisa di buka dengan mengggunakan macromedia flash tapi dengan kualitas gambar yang lebih bagus jika dibandingkan dengan SWF dan Ukuran filenya sebanding dengan ukuran file MPEG & AVI. Ekstensi file FLV digunakan untuk menyimpan file Macromedia Flash Player. Setelah Macromedia dibeli oleh Adobe, telah diubah namanya menjadi Adobe Macromedia Player.

Ini adalah yang paling populer format multimedia informasi di internet. Vector dapat mentransfer gambar, video streaming, audio dan teks. Satu keuntungan besar bahwa ia memiliki bahasa pemrograman yang terdapat didalamnya dan pengembang dapat software kode sangat maju internet menggunakan aplikasi ini.

5. MOV

video
mov

Termasuk dalam format video terkompresi. MOV dibuat oleh APPLE komputer dan dijalankan pada platform macintosh, tetapi sekarang sudah bisa digunakan pada windows dengan menginstall CODEC quick time. MOV termasuk video yang ditujukan untuk online video, website yang berbasis multimedia dan CD-ROM.

Salah satu keunggulan format MOV adalah dapat mendukung video yang interaktive yaitu virtual reality. Ciri khas file video MOV yaitu tampilan video yang berkualitas sangat baik dan biasanya berukuran besar.

6. WMV

video
wmv

Format video ini diciptakan oleh Microsoft. Windows Media Player merupakan software buatan Microsoft untuk memutar file video tersebut. Ditinjau dari aspek kualitas video file WMV biasanya tak terlalu besar. Karenanya,

bila dibandingkan dengan video MOV, kualitas video WMV sebenarnya kurang mendetail. Karena berukuran kecil, file WMV begitu praktis untuk diupload ataupun diunduh.

7. MPEG

video
mpeg

Tidak ada perbedaan kualitas yang mencolok antara MPEG dengan AVI, tapi ukuran file MPEG lebih kecil jika dibandingkan dengan AVI, karena file MPEG termasuk kepada jenis file video yang termasuk format video terkompresi.

Baca Juga :   Mari memahami apa itu Bootable

dan dijadikan video yang disimpan pada disk. Resolusi video yang berformat MPEG mendukung resolusi setengah layar dan satu layar, tergantung versi MPEGnya.

8. 3GP

biasanya digunakan pada handphone, ukuran dan kapasitas gambarnya sangat kecil dibandingkan dengan format yang lain. Format video ini biasanya di hasilkan oleh handphone. Sedangkan untuk kamera digital tidak mendukung format ini dalam vitur videonya.

9. SWF

video
swf

SWF adalah format file untuk multimedia, grafik vektor dan ActionScript.Format SWF memiliki ukuran sedang, kira – kira setengah ukuran AVI .

Kesimpulan

Setiap Format video yang ada. Memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Dan digunakan juga untuk tujuan dan penggunaan yang berbeda. Jadi gunakanlah format format video tersebut menurut hakikatnya masing masing. Karena tidak semua hardware ataupun software mendukung Format Video tersebut.

2 thoughts on “Format video Paling Populer di Dunia

  • June 9, 2020 at 10:47 am
    Permalink

    I think this is among the most important info for me. And i am glad reading your article. But wanna remark on few general things, The web site style is great, the articles is really nice : D. Good job, cheers

    Reply
  • July 7, 2020 at 4:57 am
    Permalink

    I just want to say I am just very new to blogging and seriously enjoyed this blog. Very likely I’m planning to bookmark your website . You really have awesome article content. Thank you for sharing with us your webpage.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *