Game Engine 2D Terbaik dan Tanpa Coding | LiteTeknoID

Game Engine 2D Terbaik dan Tanpa Coding

Apa kamu ingin jadi seorang pembuat game? Jika iya, kamu wajib banget punya tools untuk membuat game, apalagi yang grafiknya 2D. Nah, salah satu tools penting untuk membuat game 2D adalah game engine 2D.

Game engine adalah software untuk membuat dan mengembangkan sebuah game. Fungsinya adalah sebagai mesin renderer grafik, suara, animasi, jaringan, manajemen memori, kecerdasan buatan, streaming, pengaturan grafik, dan hal lainnya di dalam sebuah game.

Salah satu hal sulit yang perlu dipelajari saat membuat game adalah mempelajari coding. Namun, saat ini sudah ada game engine tanpa coding bagi kamu yang ingin membuat game sendiri.

Nah pada artikel kali ini, kami bakal ngasih tau kamu 5 game engine 2D terbaik untuk kamu yang tertarik untuk membuat game 2D. Mau tau apa aja? Ini dia daftarnya:

game engine 2d

1. RPG Maker Engine

Jenis game sekarang ini sudah banyak rupanya. Kalo kamu menggemari game bergenre RPG dan ingin mengembangkan game jenis ini, kamu bisa membuatnya tanpa coding menggunakan RPG Maker Engine. Software ini memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan kamu saat membuat game 2D bergenre RPG.

RPG Maker mempunyai 9 jenis program. Program jenis terbaru adalah RPG Maker MV yang sudah tersedia di Steam. Kamu bisa membelinya melalui link berikut ini

2. Unity

Game engine satu ini mungkin sudah dikenal oleh kebanyakan gamers. Kepopulerannya tak perlu diragukan lagi karena sudah digunakan oleh developer game terkemuka.

Unity memiliki fitur yang memudahkan dan canggih dalam pembuatan game, salah satunya adalah visual scripting. Kelebihan lainnya dari game engine ini yaitu mendukung banyak plugin serta multi-platform.

Walau sudah banyak dikenal, game engine ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah. Untuk lisensi Plus harganya mulai dari USD 25 per bulan, sedangkan untuk lisensi profesional dan studio harganya USD 125 perbulan. Ada juga kok lisensi yang gratis, yaitu Personal yang diperuntukan bagi pemula.

Baca Juga :   Playstation 5 RILIS di Indonesia

3. Stencyl Engine

Game engine ini hanya bisa digunakan untuk membuat game 2D saja. Meski begitu, fitur-fitur yang ada gak kalah dari game engine no coding lainnya. Kelebihannya sama seperti RPG Maker, yaitu adanya fitur drag and drop.

Namun, sistem logika di Stencyl lebih detail ketimbang game engine no coding umumnya. Jadi, Stencyl Engine sangat direkomendasikan buat kamu yang baru pertama kali banget terjun ke dunia developer game.

4. Construct 2

Di Construct2, kamu bisa membuat game tanpa coding sekali pun. Namun, kamu hanya bisa membuat game tipe 2D saja. Meski begitu, kamu bisa membuat game untuk berbagai platform (multi-platform) seperti komputer PC atau perangkat Android.

Kelebihan lainnya dari Construct2 adalah antarmuka (interface) yang mudah dipahami oleh pemula di dunia game developer. Fungsi-fungsinya juga mudah dipelajari.

5. Game Maker

Sama seperti game engine tanpa coding lainnya, pembuatan game dengan Game Maker hanya memerlukan fungsi logika yang tidak memakai coding sama sekali.

Game engine satu ini hanya bisa dipakai untuk membuat game 2D. Namun versi terbaru dari engine ini, yaitu Game Maker Studio, sudah mendukung pembuatan game 3D tanpa coding.

2 thoughts on “Game Engine 2D Terbaik dan Tanpa Coding

  • June 14, 2020 at 3:29 am
    Permalink

    I’m amazed, I have to admit. Rarely do I come across a blog that’s equally educative and interesting, and without a doubt, you’ve hit the nail on the head. The problem is something that not enough folks are speaking intelligently about. Now i’m very happy that I stumbled across this in my hunt for something relating to this.

    Reply
  • July 7, 2020 at 2:32 pm
    Permalink

    I just want to say I’m beginner to blogging and absolutely loved you’re web blog. Probably I’m going to bookmark your site . You surely have superb posts. Cheers for revealing your blog site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *