Game Engine 3D Terbaik Favorit Developer Game

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan daftar game engine 2D terbaik. Nah, kali ini kami akan memberikan daftar game engine 3D terbaik.

Perbedaan terbesar antara game 2D dan 3D adalah tampilan grafisnya. Meski begitu, logika dan hal-hal lain pendukung dari game tersebut masih sama.

Untuk kamu yang tertarik untuk membuat game 3D, ini dia daftar game engine yang bisa kamu coba:

game engine 3d
Ilustrasi game engine 3D | Foto Gamebrott

1. Smile Game Builder Engine

Konsep yang ditawarkan oleh Smile Game Builder Engine tidak berbeda jauh dengan RPG maker. Bedanya, game engine ini mendukung pembuatan game 3D. Menariknya, kamu bisa membuat game di sini tanpa harus coding. Bahkan, game yang sudah kamu buat di engine ini bisa kamu pindahkan ke Unity Engine.

Game Engine ini sudah tersedia lho di Steam. Kamu bisa membelinya melalui tautan berikut ini.

2. Unity Engine

Tak hanya bisa digunakan untuk membuat game 2D, Unity juga bisa kamu pakai untuk mengembangkan game 3D.

Game engine satu ini populer di kalangan gamers, digunakan oleh developer game terkemuka, fitur-fiturnya juga canggih dan bisa memudahkan proses pembuatan game. Oh iya, game engine ini mendukung multi-platform juga.

Harga lisensi dari game engine ini cukup murah. Paling mahal senilai USD 125 per bulan, paling murah yaitu lisensi Personal, yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

3. Unreal Engine

Banyak game keren yang dibuat menggunakan game engine satu ini. Jelas saja, karena game engine ini diperuntukkan sebagai alat pengembangan game berbasis teknologi real-time.

Game yang dibuat menggunakan Unreal Engine sudah mendukung platform Windows PC, PlayStation 4, Xbox One, Mac OS X, iOS, Android, AR, VR, Linux, SteamOS, and HTML5. Meski begitu, kamu hanya bisa menjalankan Unreal Editor di perangkat dengan OS Windows, OS X dan Linux.

Unreal Engine bisa kamu coba secara gratis. Namun, jika kamu sudah bisa menghasilkan uang dari game buatanmu, akan ada penarikan royalti sebesar 5% dari pendapatan kotor setelah USD 3.000 pertama per kuartal kalender dari produk komersial.

4. Construct 3

Game engine 3D ini adalah pengembangan dari Construct 2. Oleh karena itu, fitur unggulannya masih tetap ada. Kamu bisa mengembangkan game tanpa perlu coding dengan Construct versi terbaru ini. Sistem drag & drop juga masih dipertahankan pada game engine ini.

Construct Engine sendiri memiliki 3 lisensi yang harganya berbeda-beda. Lisensi Personal senilai Rp 1,4 juta per tahun, lisensi bisnis harganya bisa dibagi lagi mulai dari Rp 173 ribu per bulan, dan lisensi untuk organisasi / lembaga pendidikan senilai Rp 610 ribu per tahunnya.

5. Rage Engine

Kamu tau game-game populer seperti Grand Thief Auto IV – V, Max Payne 3, atau Midnight Club : Lost Angeles? Ketiga game tersebut dibuat dengan game engine satu ini.

Rage (Rockstar Advanced Game Engine) dibuat oleh Rockstar San Diego 2004. Pembuatan game engine ini dibantu dengan Euphoria yang merupakan sofware 3D utama dalam pembuatan game Max Payne 3. Kelebihan dari game engine ini adalah bisa memuat game jenis open world tanpa loading, AI yang memuaskan, Draw Distance Render yang jauh, serta tampilan cuaca yang realistis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *