Google Assistant Interpreter untuk Ponsel Resmi Dirilis

Foto: India Times

Google sudah lama bersaing dengan Apple dalam beberapa hal terkait teknologi. Salah satunya dalam menghadirkan asisten digital. Untuk menyaingi Apple dengan Siri, Google menghadirkan Google Assistant.

Baru-baru ini, Google meluncurkan salah satu fitur terbaru dari Google Assistant, yaitu Interpreter, untuk pengguna smartphone. Fitur ini adalah kemampuan untuk menerjemahan bahasa secara real time.

Fitur Interpreter ini pertama kali dirilis untuk Google Home, speaker dan layar pintar buatan Google dalam mewujudkan teknologi smart home bagi penggunanya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup membuka aplikasi Google Assistant di ponsel. Khusus pengguna Android, aplikasi Google Assistant bisa diakses dengan cara menekan tombol Home sekian detik.

Selanjutnya, pengguna mengucapkan perintah agar dilakukan oleh Google. Untuk menjalankan fitur Interpreter, pengguna bisa mengucapkan “OK Google, jadilah penerjemah saya dalam bahasa pilihan”. Contohnya, untuk menerjemahkan Bahasa Jerman, Anda bisa mengucapkan “OK Google, be my German translator” atau “OK Google, jadilah penerjemah bahasa Jerman.”

Selanjutnya, Google Asisstant akan mendengarkan percakapan pengguna secara otomatis. Kemudian, Google menerjemahkan percakapan tersebut kepada pihak lain.

Pada layar smartphone, Google Assistant akan menunjukkan teks yang diucapkan yang bisa mempercepat percakapan dengan memungkinkan pengguna menjawab tanpa harus berbicara.

Sebenarnya, fitur tersebut sudah tersedia di aplikasi Google Terjemahan. Namun, kini pengguna bisa mengaksesnya lebih mudah karena cukup dengan asisten suara.

Google Interpreter sudah mampu menerjemahkan 44 bahasa secara real time. Jumlah tersebut naik dari sebelumnya yang hanya 29 bahasa saja saat disematkan pada speaker pintar Google.

Menariknya lagi, fitur Interpreter ini juga dirilis untuk perangkat berbasis iOS dan iPadOS. Hal ini tentu saja bisa menjadi aplikasi alternatif pengganti Siri untuk pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch.

Meskipun fitur tersebut cukup membantu percakapan beda bahasa, kamu perlu ingat bahwa terjemahan yang diolah oleh Google Assitant tidak selalu bisa diandalkan, apalagi saat dipakai untuk menerjemahkan kalimat yang kompleks.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan fitur ini untuk sekedar obrolan yang tidak rumit dan kompleks dan tidak digunakan saat diskusi penting.

One thought on “Google Assistant Interpreter untuk Ponsel Resmi Dirilis

  • February 2, 2020 at 6:33 am
    Permalink

    It’s a pity you don’t have a donate button! I’d definitely donate to this excellent blog! I suppose for now i’ll settle for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and will share this website with my Facebook group. Talk soon!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *