Google rilis Camera Go untuk ponsel Android Go

android go
Tampilan aplikasi Camera Go | Foto: Phone Arena

Dalam sebuah pertemuan yang digelar akhir-akhir ini, Google mengungkap sudah lebih dari 100 juta smartphone aktif yang terinstal Android Go di seluruh dunia. Jumlah tersebut didapatkan setelah smartphone berbasis Android Go diluncurkan sekitar kurang dari tiga tahun yang lalu.

Perlu kamu ketahui, Android Go adalah OS Android yang dibuat untuk ponsel kelas entry level dengan harga pasaran yang cukup murah. Untuk mendukung ekosistem OS tersebut, Google juga merilis beberapa aplikasi Google versi minimalis yang dikemas dengan tambahan nama “Go”. Mulai dari Youtube Go, Maps Go, hingga Google Go.

Dilansir dari laman Phone Arena pada 20 Maret 2020, Google baru-baru ini merilis Camera Go, aplikasi kamera khusus yang nggak terlalu rumit dan performanya lebih cepat ketimbang aplikasi Google Camera reguler.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur. Salah satunya adalah mode Portrait, yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dengan efek bokeh.

Selain itu, aplikasi ini memiliki antarmuka (interface) yang lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. Hal tersebut dirancang Google karena aplikasi tersebut memang dirancang untuk orang yang baru pertama kali menggunakan smartphone, alias pengguna entry level

Camera Go juga dibekali kemampuan untuk bisa mendeteksi kapasitas ruang penyimpanan foto dan video yang dipunyai oleh pengguna di smartphone mereka. Aplikasi ini juga bakal menawarkan saran untuk mengosongkan memori penyimpanan mereka jika diperlukan.

Selain mengumumkan rilisnya aplikasi Camera Go, Google juga memberitahu bahwa aplikasi Camera Go tersebut akan tersedia untuk ponsel Android Go selanjutnya, yaitu Nokia 1.3. 

“Camera Go sangat terintegrasi ke dalam sistem operasi telepon, dan bukan hanya memberikan filter foto. (Fitur) tersebut merupakan yang pertama di kelas perangkat ini dan ditujukan untuk kalangan pemula dalam fotografi,” kata Arpit Midha, Lead Product Manager dari Android.

Google menyebut aplikasi ini bakal dihadirkan untuk lebih banyak ponsel Android Go lainnya di masa mendatang. Sepertinya, kita masih harus menunggu lebih lama lagi sampai Google benar-benar merilis aplikasi ini ke perangkat Android Go lainnya.

One thought on “Google rilis Camera Go untuk ponsel Android Go

  • July 7, 2020 at 6:05 am
    Permalink

    I just want to tell you that I’m new to blogs and absolutely loved your blog site. More than likely I’m planning to bookmark your website . You definitely have terrific posts. Thank you for sharing with us your blog site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *