Google Meet Perpanjang Uji Coba Gratis sampai September

Melihat antusias penggunanya selama masa karantina mandiri akibat pandemi Covid-19, Google kembali memperpanjang akses gratis layanan telekonferensinya, Google Meet, sampai 30 September. Hal tersebut mereka umumkan pada Kamis kemarin (9/4/2020).

Sebelumnya, layanan tersebut hanya bisa dipakai secara gratis hingga 1 Juli. Perpanjangan yang diberikan Google ini sehubungan dengan pandemi Covid-19 akibat virus corona yang belum diketahui kapan selesainya.

google meet
Logo Google Meet | Sumber: Tek.id

“Pada masa ini, sangat penting bagi publik untuk bisa memiliki akses ke aplikasi dan alat yang mereka sering gunakan. Dan saya selalu mengatakan G Suite sebagai contoh terbaik dari produk yang menang karena pilihan. Kami menjalankan tanggung jawab ini dengan sangat serius, dan sebagai perusahaan kami menolong sebagai prinsip,” kata Javier Soltero, selaku VP and General Manager of G Suite.

Google Meet adalah layanan telekonferensi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna G Suite, aplikasi perkantoran dari Google. Awalnya, layanan ini bernama Hangouts Meet. Dengan Meet, pengguna G Suite dapat melakukan meeting secara online dengan daya tampung sampai 250 peserta, live-stream meeting hingga 100.000 orang dalam satu domain, serta menyimpan rekaman rapat di Google Drive.

Pada kondisi normal, fitur-fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna G Suite Enterprise dengan harga berlangganan USD 25 per bulan. Namun saat ini, pengguna G Suite reguler dan G Suite for Education bisa menggunakan fitur-fitur canggih tersebut.

Sebagai salah satu aplikasi meeting virtual, platform video teleconference ini mengalami peningkatan pesat pada pengguna selain korporat. Aplikasi tersebut digunakan oleh keluarga, siswa, serta pekerja yang mau tak mau tinggal di rumah karena pandemi Covid-19. Google mengungkapkan penggunaan harian layanan tersebut naik sampai 25 kali lipat. Jumlah tersebut terhitung sejak Januari lalu.

Selain Google Meet, aplikasi telekonferensi lainnya juga mengalami peningkatan pengguna. Pada 2 April lalu, Zoom mengumumkan jumlah partisipan meeting aktif selama bulan Maret lalu yang mencapai lebih dari 200 juta partisipan. Sementara itu, Microsoft dengan aplikasi Team, juga mengabarkan kenaikan pengguna aktif layanan tersebut hingga 44 juta pengguna dalam seminggu terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *