Helio G90: Chipset Gaming Jagoan MediaTek

chipset gaming jagoan mediatek

Tidak semudah itu dikalahkan Qualcomm, MediaTek pun menyodorkan sebuah chipset khusus gaming bernama Helio G90.

Chipset tersebut adalah pesaing Snapdragon 855 Plus yang diperkenalkan oleh MediaTek beberapa hari lalu.

Sesuai Kabar yang diutarakan oleh MediaTek melalui sebuah postingan di media sosial Weibo. Menurut MediaTek, SoC tersebut diluncurkan pada akhir bulan Juli ini. Dan ternyata benar!

MediaTek baru baru ini telah mengumumkan chipset andalannya, Helio G90 di negara India. Chipset baru tersebut eksklusif diciptakan untuk smartphone gaming.

Secara umum, chipset MediaTek sendiri lebih mudah ditemukan pada smartphone kelas low-end di pasaran. Mayoritas smartphone ber chipset tersebut dipasarkan di China dan India. Untuk Indonesia dan negara lainnya masih belum ada kepastian, kita tunggu saja ya…

chipset gaming jagoan mediatek - helio g90

Namun ada pula ponsel berprosesor MediaTek yang dipasarkan di Eropa, seperti Redmi 6A misalnya. Ponsel ini menggunakan chipset MediaTek Helio A22 di balik dapur pacunya.

MediaTek sebenarnya cukup siap untuk menantang Qualcomm, di mana chip Snapdragon-nya banyak ditemukan pada smartphone di seluruh segmen harga, termasuk kelas atas, semisal Google Pixel 3 dan OnePlus 7 Pro.

MediaTek sendiri memiliki tiga lini chipset dengan kemampuan yang berbeda beda. Chipset seri X dibuat dengan fabrikasi terkini, kemudian seri P untuk manajemen baterai perangkat yang lebih baik, dan seri A untuk ponsel kelas menengah ke bawah.

Artinya chipset Helio G90 akan menjadi seri SoC baru di luar ketiga seri di atas. Chipset ini diduga dikembangkan berdasarkan chip Helio P90.

Helio P90 sendiri memiliki total delapan CPU, di mana ada dua inti (core) CPU Cortex-A75, dan enam CPU Cortex-A55 yang bekerja pada kecepatan 2,0 Ghz.

Kendati demikian, hal ini baru sebatas dugaan semata, MediaTek sendiri baru membeberkan spesifikasinya lewat aplikasi benchmark AnTuTu setahu LiteTeknoID.

Baca Juga: FaceApp: Manipulasi wajah tapi kok Bahaya?

Nah, smartphone gaming seperti apakah Helio G90 ini? Apakah smartphone gaming flagship atau malah smartphone gaming terjangkau?
Seberapa kuatkah performa Helio G90 ini sebagai chipset Gaming?

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa performanya dapat dihitung dari aplikasi benchmark AnTuTu.

Pada database aplikasi benchmark AnTuTu bisa dilihat kalau yang sudah diuji adalah Helio G90, sedangkan Helio G90T belum diuji.

chipset gaming jagoan mediatek - komparasi Benchmark dari AnTuTu

Helio G90 yang disokong CPU Cortex-A76 berkecepatan 2 GHz lebih serta GPU Mali-G76 berhasil menorehkan skor 222 ribu poin. Lebih detai lagi, skor CPU yang didapat yakni 83 ribu poin, sedangkan skor GPU mencapai 67 ribu poin.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa performa keseluruhan Helio G90 adalah yang tertinggi di antara chipset MediaTek lainnya termasuk Helio P90. Kecepatan Helio G90 berada di atas Snapdragon 730 (210 ribu poin) namun masih di bawah Kirin 810 (237 ribu poin) yang merupakan chipset mid-range terbaru dari Huawei.

Jelaslah kalau kita bandingkan dengan Helio P90, pastinya Helio G90 lah yang menang. Helio G90 ini disokong oleh CPU Cortex-A76 sedangkan Helio P90 hanya disokong oleh CPU Cortex-A75, itu pun hanya dua inti (core).

Kembali ke topik, Melalui skor benchmark yang dihasilkannya, maka bisa kita asumsikan bahwa Helio G90 sepertinya dirancang sebagai chipset gaming untuk smartphone mid-range. Sementara Helio G90T yang memang belum terungkap performanya, bisa jadi disiapkan untuk segmen high-end. Saya tidak tahu karena saya hanya Admin lol

Sumber:
today.line.me
droidlime.com

Akhir Kata

Sekian dari berita Helio G90 dari MediaTek terbaru. Oh ya satu lagi, jangan lupa untuk baca artikel Huawei Mate X yang layarnya bisa dilipat:
Layarnya bisa dilipat! Inilah Tampilan Baru Huawei Mate X

Sampai disini saya akhiri artikel tentang Helio G90: Chipset Gaming Jagoan MediaTek. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya:

3 thoughts on “Helio G90: Chipset Gaming Jagoan MediaTek

  • October 24, 2019 at 1:40 pm
    Permalink

    Hi my family member! I wish to say that this article is awesome, great written and include approximately all vital infos. I would like to peer more posts like this.

    Reply
  • July 7, 2020 at 3:44 am
    Permalink

    I simply want to mention I’m new to weblog and truly savored your blog. Very likely I’m likely to bookmark your website . You certainly come with remarkable writings. Many thanks for sharing with us your blog.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *