Huawei Mate 30 Dilarang Google Pakai Android? | LiteTeknoID

Huawei Mate 30 Dilarang Google Pakai Android?

Pada kesempatan yang lalu, kami membahas mengenai salah sau unit terbaru dari Huawei yang akan dirilis akhir-akhir ini, yakni Huawei Mate 30 dan juga line up nya seperti Huawei Mate 30 Pro dan Huawei Mate 30 Lite. Di akhir kata kami juga sempat membahas mengenai Huawei dilarang pakai Android.

Huawei Mate 30 Dilarang Google Pakai Android?
from: wccftech.com

             Cukup mengagetkan memang, dan beritanya tersebar begitu cepat. Bagaimana tidak, salah satu manufacturer smartphone yang besar seperti ini mendapatkan tekanan dari mana saja, termasuk dari Google sendiri. Nah, penyebab dari hal ini adalah ketegangan Trade War antara China dan Amerika Serikat yang berlangsung cukup lama. Salah satu hasil dari ketegangan itu adalah Huawei yang diban oleh beberapa perusahaan di Amerika.

Huawei Dilarang pakai Android?

             Sebenarnya, Trump sudah mengeluarkan “suara” nya lewat tweet nya baru-baru ini yang kurang lebih menyatakan “Kita tidak boleh membiarkan Huawei masuk ke Amerika”. Selain dari buntut permasalahan Trade War ini, teknologi yang dimiliki Huawei bisa dianggap sebagai ancaman tersendiri bagi pemerintahan Amerika.

             Jadi, dengan dibannya Huawei dari beberapa perusahaan termasuk Google, sudah dipastikan bahwa Huawei Mate 30 tidak akan bisa menggunakan OS Android, termasuk mengakses aplikasi bawaan Google. Dengan pilihan yang tidak banyak, rencananya Huawei akan membuat OS nya sendiri, yang akan diciptakan dan dikembangkan sendiri.

HarmonyOS

             Nama dari OS yang dikembangkan oleh Huawei adalah HarmonyOS. Sistem Operasi ini diklaim lebih stabil dan lebih canggih daripada apa yang dimiliki Google saat ini. Mendengar kabar ini, Google sedikit khawatir dan membuat pernyataan, “OS buatan Huawei bisa menjadi penyebab permasalahan keamanan nasional.” Mungkin mereka juga khawatir akan tersaingi oleh Huawei.

Baca Juga :   Vivo S1 vs Vivo Z1 Pro, Duel Ponsel Rp 3 Jutaan Terbaik!

             Sebenarnya Huawei juga tidak memiliki pilihan lain selain menciptakan OS sendiri. Sejatinya jika mereka tidak dilarang, tentunya mereka tidak akan membuat yang baru. Seperti yang dikatakan oleh pihak Huawei, Joe Kelly, selaku pembicara, “Huawei akan terus menggunakan Android OS dan ekosistem nya, apabila pemerintahan AS memang memberi ijin untuk itu”.

3 thoughts on “Huawei Mate 30 Dilarang Google Pakai Android?

  • October 24, 2019 at 1:41 pm
    Permalink

    There is noticeably a bundle to find out about this. I assume you made certain good points in features also.

    Reply
  • July 7, 2020 at 8:14 am
    Permalink

    I simply want to mention I’m newbie to blogging and site-building and really savored your web site. Probably I’m likely to bookmark your blog post . You surely come with exceptional posts. Appreciate it for sharing with us your website page.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *