Huawei Perluas Bisnis dengan Jual Motherboard dan Prosesor PC Desktop

Foto: tek.id

Siapa yang tidak tahu Huawei? Perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut sudah masyarakat ketahui sebagai penjual dan produsen smartphone, prosesor, dan perangkat jaringan komputer (networking).

Namun, Huawei sepertinya memiliki rencana untuk memperluas portofolio bisnis mereka. Saat ini, mereka hendak menjual komponen PC (personal computer) dan server.

Kabarnya, Huawei baru-baru ini merilis motherboard PC pertama mereka untuk kalangan komersial. Tak hanya sekedar menjual motherboard saja, mereka menyertakan motherboard tersebut dengan prosesor Kunpeng 920 ARM v8.

Prosesor tersebut biasanya digunakan untuk sebuah server, tetapi Huawei tampaknya berpikir dengan membuat prosesor ini dijual sebagai prosesor desktop standar. Mereka bisa bersaing dengan produk dari Intel dan AMD di segmen PC desktop melalui prosesor Kunpeng.

Mengikuti jejak Intel dan AMD, Huawei akan menjual prosesor dengan konfigurasi 4 dan 8 core untuk pasar desktop PC, dan konfigurasi hingga 64 core untuk pasar motherboard server.

Pada 8 Desember lalu, laman Wccftech melaporkan bahwa prosesor keluaran Huawei itu akan menggunakan proses teknologi fabrikasi 7 nanometer. Itu artinya, prosesor tersebut akan head-to-head (menantang langsung) dengan prosesor AMD.

Motherboard dari Huawei juga memiliki dukungan PCIe 4.0 dan RAM DDR4 dengan kecepatan proses data hingga 2400 MHz.

Rencananya, Huawei akan merilis dua model motherboard, yaitu Kunpeng Desktop Board D920S10 dan motherboard server S920X00 Huawei. Salah satu yang diluncurkan, yakni D920S10, akan menjadi motherboard untuk desktop PC yang sangat kuat dan mendukung PCIe 3.0, enam SATA 3.0, dan dua slot SSD M.2.

Motherboard ini menawarkan fitur lainnya seperti mendukung 64 GB DDR4 ECC RAM, port ethernet dengan kecepatan transfer data hingga 25 GB per detik, empat port USB 3.0, dan empat port USB 2.0.

Sedangkan S920X00 adalah motherboard server Huawei yang menawarkan dukungan untuk prosesor Kunpeng 920 ganda, 16 perangkat penyimpanan melalui koneksi SATA, NVMe, atau SAS. Motherboard ini mendukung hingga 32 DIMM memori 8-channel dan memungkinkan untuk terhubung dengan beberapa ekspansi PCIe.

Motherboard satu ini memiliki Thermal Design Power (TDP) hingga 180W. Angka tersebut wajar karena Huawei memfokuskan produk ini pada beban kerja komputasi yang lebih tinggi.

One thought on “Huawei Perluas Bisnis dengan Jual Motherboard dan Prosesor PC Desktop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *