Huawei Search, Mesin Pencari Huawei Pengganti Google

Huawei dikabarkan sedang membuat Huawei Search, aplikasi mesin pencari (search engine) buatan mereka, yang dikelola oleh anak perusahaan mereka di Irlandia, Aspigel Limited.

huawei search
Tampilan Huawei Search | Foto: Tutto Android

Hal tersebut dilakukan untuk mengganti aplikasi Google Search pada smartphone buatan Huawei, sebagai respon atas di-blacklistnya produk mereka oleh pemerintah AS. Akibat blacklist tersebut, Huawei tidak diperbolehkan memakai lisensi Google Mobile Service untuk produk ponsel barunya.

Bahkan, perusahaan teknologi asal Tiongkok itu sekarang sedang menguji coba aplikasinya itu. Informasi tersebut diberitakan oleh pengguna Reddit dengan username /u/beingnull. Dari informasi tersebut, diketahui bahwa Huawei sudah merekrut pengguna dari Uni Emirat Arab untuk menguji mesin pencarinya itu.

Max Weinbach, seorang jurnalis teknologi, ikut mencobanya dengan cara men-download APK yang ada di forum ke perangkat Huawei Mate 30 Pro miliknya. Setelah dibandingkan dengan aplikasi Google, dia melihat ada banyak perbedaan yang menonjol.

Seperti mesin pencari pada umumnya, Huawei Search bakal menampilkan hasil pencarian web, video, berita, dan gambar. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali fitur prakiraan cuaca, berita olahraga, kalkulator, sampai alat konversi unit.

Namun perbedaan sangat mencolok terlihat pada tampilan aplikasinya yang lebih sederhana.

Untuk informasi cuaca selama 24 jam, Huawei Search mengandalkan Huafeng AccuWeather, sebuah perusahaan yang datanya bersumber dari Badan Meteorologi China.

Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa mengubah wilayah pencarian serta menyimpan riwayat pencarian mereka. 

Huawei Search juga memiliki fitur yang sedang trending saat ini, yaitu dark mode a(mode gelap), serta tersedianya setelan untuk mengaktifkan safe search (pencarian aman). 

Bicara soal hasil pencariannya, yang ditampilkan aplikasi in berbeda dengan hasil pencarian dari Google, serta mesin pencari lainnya (Yahoo, Bing, AOL, DuckDuckGo). Kemungkinan besar, Huawei benar-benar memakai mesin pencarinya sendiri tanpa mengandalkan pihak lain.

Meski begitu, Huawei menyebutkan bahwa aplikasi buatan mereka itu masih jauh dari harapan. Hal tersebut mengingat mereka masih belum mempunyai aplikasi yang bisa setara dengan aplikasi buatan Google.

Meski masih diuji coba, mereka berupaya untuk menyempurnakan aplikasinya itu, agar nantinya bisa menjadi pesaingnya, yaitu Google atau Microsoft Bing.

Untuk mendapatkannya, aplikasi ini bisa diunduh lewat AppGallery, aplikasi pengganti Google Play Store untuk ponsel-ponsel Huawei. Selain itu, smartphone Huawei keluaran terbaru nantinya bakal otomatis terinstal aplikasi ini.

4 thoughts on “Huawei Search, Mesin Pencari Huawei Pengganti Google

    • March 10, 2020 at 2:57 pm
      Permalink

      blog mu juga mantap

      Reply
  • March 13, 2020 at 4:22 am
    Permalink

    Keren sih, tampilan dari hasil search nya hitam gitu (ngikut dark mode) kalau google masih sedikit yang bisa gitu.

    Reply
    • March 15, 2020 at 4:37 am
      Permalink

      ya makasih, jangan lupa kunjungi lagi ya, kami menyediakan banyak artikel menarik

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *