Ikuti Facebook, Instagram Tandai Akun Pengguna yang Sudah Meninggal

Instagram kabarnya akan memberikan tanda pada akun milik pengguna yang sudah meninggal dunia. Langkah tersebut mengikuti jejak Facebook yang sudah melakukan hal serupa.

Temuan tersebut dilaporkan oleh Jane Machun Wong, seorang peneliti aplikasi. Melalui akun Twitter miliknya, @wongmjane, Jane mendapati tanda bertuliskan “Remembering” yang muncul di bagian bawah akun saat halaman profil dirinya dibuka.

akun instagram
Sumber: Twitter @wongmjane

Pihak Instagram membenarkan temuan tersebut. Juru bicara Instagram, Liza Crenshaw, mengatakan, perusahaan memang mempercepat pembuatan tanda itu agar bisa segera dirilis kepada pengguna.

“Kami telah mengerjakan update ini selama beberapa waktu. (Fitur) ini adalah salah satu fitur yang kami percepat selama COVID-19 untuk membantu komunitas selama masa-masa sulit,” kata Liza.

Keluarga yang ditinggalkan bisa meminta Instagram untuk memberikan tanda tersebut pada akun milik anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Caranya dengan menghubungi Instagram melalui tautan ini.

Selanjutnya, Instagram akan meminta beberapa bukti sebagai bahan untuk dilakukan proses verifikasi. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pemilik akun tersebut memang benar telah meninggal dunia. 

“Kami perlu bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel berita, untuk menjadikan akun pengguna sebagai kenangan,” tulis Instagram.

Tanda tersebut membuat Instagram tidak akan menghapus akun milik pengguna yang sudah meninggal. Selain itu, Instagram juga akan mencegah akun tersebut digunakan orang lain, walaupun orang tersebut memiliki password.

Akun yang sudah ditandai ini tidak akan muncul pada halaman Explore. Meski begitu, pengguna lain masih bisa mengirimkan DM kepada akun tersebut. Pastinya, tak ada siapapun yang dapat membaca DM tersebut.

Sebagai informasi, induk dari Instagram, Facebook, telah lebih dulu memberikan tanda pada akun milik pengguna yang sudah meninggal.

Salah satu media sosial terpopuler itu juga memberikan kendali lebih banyak untuk kontak yang diwarisi akun tersebut. Mulai dari mengubah pengaturan tambahan, seperti tag dan siapa saja yang bisa meihat unggahan tertentu di laman penghormatan.

Bedanya dengan Facebook, kontak yang diwarisi akun Facebook tersebut (atau sebutan lainnya ahli waris) adalah akun yang ditunjuk oleh pengguna akun tersebut sebelum meninggal untuk dapat mengoperasikan akunnya jika suatu saat yang bersangkutan meninggal dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *