inilah perbedaan cold booting dan warm booting | LiteTeknoID

inilah perbedaan cold booting dan warm booting

dalam menghidupkan sebuah komputer terdapat dua kondisi yang berbeda, yang pertama di saat kamu menyalakan komputer saat kondisi mati. Yang kedua menyalakan komputer kembali di saat komputer sudah menyala yang sedang dalam keadaan hang.

Istilah ini memang tidak terlalu wajib kamu ketahui, namun istilah dasar ini setidaknya dapat menambah wawasan kamu terhadap apa saja yang ada di ruang lingkup komputer. kali ini aku akan beri tahu kamu perbedaan cold booting dan warm booting. Simak berikut ini.

1. Cold Booting

cold booting and warm booting difference
Cold Boot

Cold booting atau booting dingin adalah kondisi menyalakan komputer disaat sebuah Komputer / Laptop tidak dalam keadaan menyala. Jadi kondisi ini merupakan booting atau memulai sebuah system operasi yang akan menyala dan siap kamu gunakan.

Cold Booting bisa dibilang adalah kondisi mengistirahatkan motherboard dan komponen lainnya dari kondisi menyala.

Kelebihan Kekurangan
Mendinginkan komponen, agar terhindar dari over hit atau keadaan dimana sebuah komponen terlalu panas.  

2. Warm Booting

cold booting and warm booting difference
Warm Boot

Warm booting atau boot hangat adalah kondisi dimana kamu menyalakan ulang komputer saat, system operasi kamu mengalami hang atau bahkan menyalakan ulang tanpa sebab apapun secara paksa. Warm booting harus banget kamu hindari ya, karena warm booting beresiko kerusakan komponen – komponen lainnya loh.

Jika komponen nya rusak , tidak menutup kemungkinan data – data kamu yang ada di komponen tersebut akan ikut hilang. Ihh serem ya.

Jadi kalau kamu ada di kondisi ini sebisa mungkin mencari cara lain untuk mematikan komputer agar kamu tidak menyesali nya nanti.

Kelebihan Kekurangan
Menghemat waktu, karena hanya perlu satu step untuk melakukan warm booting. Kemungkinan besar komponen yang ada di dalam CPU kamu akan mengalami kerusakan.
Baca Juga :   Mau Root HP Tanpa Ribet, Nih Aplikasi Root Android Terbaik

Kesimpulan

Apapun kondisinya sebaiknya kamu berfikir jauh kedepan sebelum kamu melakukan sesuatu, agar barang – barang yang kamu miliki bisa tahan lama dan terhindar dari kerusakan ya. Karena banyak sekali cara di internet dalam mengatasi masalah – masalah terhadap segala hal termasuk Komputer. jadi jangan malas untuk membaca ya.

2 thoughts on “inilah perbedaan cold booting dan warm booting

  • October 24, 2019 at 1:39 pm
    Permalink

    I was curious if you ever considered changing the layout of your website? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or 2 images. Maybe you could space it out better?

    Reply
  • July 7, 2020 at 8:08 pm
    Permalink

    I simply want to say I’m new to blogging and definitely enjoyed this website. Most likely I’m want to bookmark your blog post . You certainly have outstanding well written articles. Kudos for sharing your web site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *