Instagram Bakal Hapus Tombol IGTV di Beranda

instagram igtv
Tombol IGTV yang menghilang | Foto: Tech Crunch

Instagram meluncurkan IGTV pada tahun 2018 lalu. Pada saat pertama dirilis, pengguna bisa mengakses video-video IGTV melalui tombol IGTV yang ada di sudut kanan atas layar beranda. Namun, kini Instagram menghapus tombol tersebut.

Menguti dari Mashable, juru bicara Facebook mengatakan bahwa penghapusan tersebut dilakukan karena tombol itu jarang digunakan oleh penggunanya. 

“Kami terus berupaya memudahkan pengguna untuk membuat dan menemukan konten IGTV, kami memahami bahwa sebagian besar pengguna menemukan konten IGTV melalui pratinjau di Feed, saluran IGTV di Explore, profil kreator, dan aplikasi mandiri. Sangat sedikit (pengguna) yang mengklik ikon IGTV di sudut kanan atas layar utama di aplikasi Instagram,” kata juru bicara Facebook.

“Kami selalu berupaya menjaga Instagram sesederhana mungkin. Jadi, kami menghapus ikon ini berdasarkan pembelajaran dan umpan balik dari komunitas kami,” tambah juru bicara Facebook.

Meski tombol tersebut sudah dihapus, kamu masih bisa mengakses konten IGTV melalui cara lain. Mulai dari pratinjau feed mereka, saluran IGTV di tab Explore, serta halaman profil para kreator video IGTV. Bahkan kamu masih bisa mengakses IGTV dari aplikasi mandirinya.

Sementara itu, Tech Crunch bekerjasama dengan Sensor Tower, merilis laporan bahwa aplikasi IGTV telah di-download lebih dari 1 juta kali di Amerika Serikat sejak diluncurkan pada musim panas tahun 2018 lalu. Meski terlihat banyak, jumlah tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan aplikasi pesaing mereka, TikTok, yang sudah mencapai 80,5 juta kali download pada periode yang sama.

Meski begitu, sebenarnya ada satu hal penting yang lebih diharapkan konten kreator Instagram, khususnya dalam memonetiasi konten-konten mereka di IGTV. Pengguna nggak bisa mendapat pemasukan dari iklan seperti yang dilakukan Youtube dan Facebook Watch.

Mereka juga tidak bisa menerima tip ataupun menjual konten eksklusif seperti Facebook, Twitch, ataupun Patreon.

Sepertinya, Instagram perlu meningkakan layanan IGTV mereka agar bisa menarik banyak pengguna lain untuk membuat konten di sana. Apa kamu tertarik untuk membuat video di IGTV?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *