kamu harus tau perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY | LiteTeknoID

kamu harus tau perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY

Camkram / disk optik terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Dari segi kapasitas dan kualitas. saat ini disk optik terdapat 4 macam yaitu CD, DVD, HD-DVD, BLURAY. Dari segi kualitas dan kapastias tentu dari jenis – jenis tersebut sangatlah berbeda, namun untuk penggunaanya sama saja yaitu untuk menyimpan video game, film, data dan lainnya.

Walau saat ini udah terdapat banyak sekali loh pesaing nya disk optik, dan dengan ukuran yang lebih fleksibel yaitu Flashdisk, SDCard, MMC, Micro SD dan lainnya. Tapi disk optik masih sangat di butuhkan oleh beberapa produsen Film dan video game.

Mengapa demikian, alasan utama disk optik masih di butuhkan di zaman sekarang ini karena untuk menyimpan data disk optik lebih aman untuk menyimpan data, harga relatif murah, jarang terkena virus.

Kali ini aku akan membahas perbedaan disk optik CD, DVD, HD-DVD, BLURAY untuk penggunaan sehari – hari . simak beriku ini ya.

Kapasitas Penyimpanan

perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY
kapasitas penyimpanan

Bluray dan HD-DVD memiliki kesamaan yaitu mampu menyimpan film dengan kualtas 1080P. tetapi ada perbedaan penyimpanan di antara keduanya.

  • CD mampu menyimpan data sebesar 870MB
  • DVD mampu menyimpan data sebesar 4,7GB untuk single-side (single layer), 8,5GB untuk double-side (single layer), 9,4gb single-sided ( double layer ), dan 17GB untuk Double-sided ( double layer ).
  • HD-DVD mampu menyimpan data sebesar 15GB untuk single layer, 30GB untuk double layer.
  • Bluray mampu menyimpan data sebesar 25GB untuk single layer, 50GB untuk double layer.

Hal ini akan membuat beberapa produsen film – film besar di dunia memilih Bluray karena, dengan penyimpanan yang besar dengan itu mereka bisa menyimpan data lain selain film yang mereka distribusikan.

Baca Juga :   Linux Ubuntu vs. Windows, lebih bagus yang mana?

Teknologi yang digunakan

perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY
teknologi laser disk optik

Jenis – jenis disk optik memiliki teknologi penggunaannya masing – masing untuk menyempurnakan produknya. Dan pasti nya disesuaikan dengan kebutuhan jenis optik sendiri.

  • CD menggunakan teknologi laser merah dengan dengan Panjang gelombang 780 nm ( nano meter ), sedangkan letak penyimpanan datanya ada di di bagian atas dari disk, jadi jika bagian atas label cd tergores atau rusak. Cd yang kamu miliki sudah gak bisa di gunain lagi deh.
  • DVD menggunakan teknologi laser dengan Panjang gelombang 635-650 nm ( nano meter ). Sedangkan letak penyimpanan datanya ada di bagian tengah  dari disk, jadi akan lebih aman dari tergores atau kerusakan. Sebaiknya saat kamu akan menggunakan dvd bersihkan terlebih dulu bagian tengahnya. Supaya gak kotor dan menimbulkan kerusakan.
  • Bluray dan HD-DVD menggunakan teknologi laser ungu – biru untuk membaca dan menulis data dari jenis disk optik ini. Laser ini memiliki gelombang 405 nm ( nano meter ) . letak penyimpanan data terdapat di bagian bawah untuk disk optik bluray , dan untuk HD-DVD terdapat di bagian tengah sama seperti DVD.

Support Player

perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY
support player

Terdapat ke ciri khas yang dimiliki jenis – jenis optik disk, bahkan untuk media yang digunakan untuk menjalan kan disk tersebut mempunyai media nya masing – masing.

  • Untuk CD bisa di putar di CD player , tetapi tidak bisa di putar di DVD player.
  • Untuk DVD bisa di putar di DVD player, bahkan juga bisa di putar di CD player.
  • Bluray dan HD-DVD hanya bisa dijalankan di BD-player.

Harga jual

perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY
harga jual

Tentu untuk harga pasar jenis disk optik ini memiliki harga yang berbeda sesuai dengan kapasitas yang ditawarkan disk optik yang ingin kamu beli.

  • CD biasanya di banderol dengan harga mulai dari RP,1850 – RP,10.000 sesuai dengan harga pasar.
  • DVD biasanya di banderol dengan harga mulai dari RP,2000  hingga ratusan ribu. Karena untuk beberapa kapasitas sering dijual grosir atau tidak perkeping.
  • BLURAY  & HD-DVD rata – rata di banderol dengan harga RP,20.000 hingga ratusan ribu. Karena beberapa toko menjual nya dengan harga grosiran.
Baca Juga :   5 Aplikasi VPN Terbaik Anti Blokir

Kesimpulan

dari jenis – jenis disk optik diatas , pilihlah yang sesuai kebutuhan kamu ya. walau kamu membeli bluray hanya untuk menyimpan data itu tidak masalah karena dari segi harga disk optik benar – benar sangat terjangkau. jadi apa kamu kepikiran untuk menyimpan data kamu menggunakan disk optik ?

7 thoughts on “kamu harus tau perbedaan CD DVD HD-DVD BLURAY

  • Pingback: Cara Mengganti Region DVD di Windows 10 - LiteTekno

  • Pingback: 10 Langkah Burn CD/DVD di MacBook - LiteTekno

  • October 24, 2019 at 1:17 pm
    Permalink

    Thank you for another wonderful article. Where else could anybody get that type of information in such an ideal way of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such information.

    Reply
    • October 25, 2019 at 6:25 am
      Permalink

      Wow… thank you very much, your comment is so wonderful too.

      Reply
  • December 28, 2019 at 2:39 am
    Permalink

    The following time I learn a blog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I do know it was my option to read, but I truly thought youd have one thing fascinating to say. All I hear is a bunch of whining about something that you could repair in the event you werent too busy on the lookout for attention.

    Reply
  • December 30, 2019 at 10:10 am
    Permalink

    Thanks for your posting. I also think laptop computers have grown to be more and more popular lately, and now in many cases are the only form of computer found in a household. The reason is that at the same time potentially they are becoming more and more economical, their computing power keeps growing to the point where they’re as potent as desktop from just a few years back.

    Reply
  • July 7, 2020 at 2:06 pm
    Permalink

    I just want to say I am just new to blogging and absolutely enjoyed this blog site. Very likely I’m going to bookmark your blog post . You certainly come with terrific articles and reviews. Kudos for revealing your website.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *