Kamu Youtuber? Coba 5 Aplikasi Perekam Layar Komputer Terbaik ini

Saat ini, kebutuhan akan aplikasi perekam layar komputer semakin diperhitungkan. Berawal dari sekedar untuk keperluan tugas sekolah dan kuliah, aplikasi satu ini berguna juga untuk membuat video tutorial penggunaan sebuah software.

Seiring berkembangnya Youtube, aplikasi ini juga digunakan untuk merekam sekaligus menyiarkan aktivitas seorang gamer ketika memainkan sebuah game.

Mungkin, kamu juga tertarik untuk menjadi seorang streamer. Kalo tertarik, berarti kalian harus menginstal aplikasi perekam layar di komputer atau laptop kamu.

Kalo kamu bingung mau instal yang mana, kali ini kami akan ngasih rekomendasi aplikasi perekam layar komputer terbaik yang fitur-fiturnya keren banget. Coba deh kamu baca beberapa rekomendasi kami di bawah ini.

Mirillis Action!

dari jalantikus.com

Aplikasi satu ini mampu merekam layar komputer dengan kualitas HD sekaligus melakukan streaming secara real-time.

Gak cuma merekam video, aplikasi ini juga bisa merekam suara kita yang dimasukkan melalui microphone.

Oh iya, ada juga fitur screenshot untuk mengambil gambar secara cepat. Fitur ini cocok bagi kamu yang ingin mengambil gambar dari layar untuk membuat tutorial.

Agar hasilnya optimal, sebelum merekam aktivitas pada layar, kamu atur dulu resolusi rekaman videonya ke 1080p.

Format video yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah MP4 dan AVI. Kedua format tersebut cocok untuk diolah kembali dengan aplikasi video editing.

Open Broadcasting Software

dari jalantikus.com

Open Broadcaster Software (OBS Studio) adalah salah satu aplikasi perekam layar komputer terbaik yang kami rekomendasikan selanjutnya.

Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform. Itu artinya, kamu bisa mendapatkannya secara gratis dan memasangnya di komputer yang terinstal Windows, iOS, atau Linux.

Interface dari OBS Studio bisa dibilang sederhana, tetapi fiturnya banyak kok. Mulai dari merekam desktop, merekam suara lewat internal atau external microphone, serta merekam menggunakan webcam.

Oh iya, kamu bisa memengatur area layar yang akan direkam. Bahkan, kamu dapat menambahkan teks atau gambar saat live streaming.

Untuk kamu yang melakukan perekaman layar, kamu bisa menyimpan rekaman kamu dalam format MP4 atau FLV.

TechSmith Snagit

dari techradar.com

TechSmith Snagit menjadi aplikasi perekam layar komputer untuk kalangan profesional. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus membelinya dengan harga USD 50. Meski berbayar, tetapi fitur-fiturnya oke punya kok.

Windows 10 Game Bar

dari jalantikus.com

Bagi kamu pengguna Windows 10, sebenernya kamu gak perlu instal aplikasi perekam layar dari pihak ketiga. Microsoft telah menyediakan fitur bernama Windows 10 Game Bar (Game DVR).

Kelebihan dari aplikasi ini adalah hasil video rekamannya berukuran tidak terlalu besar dan tersedia secara gratis untuk pengguna Windows 10.

Cara menggunakan fiturnya gimana? Kamu cukup tekan Windows + G aja kok.

Camtasia

dari screenshot pribadi

Camtasia menjadi aplikasi perekam layar terakhir yang kami rekomendasiin ke kamu. Aplikasi ini berbayar, tapi harga yang dikeluarkan bakal sepadan kok.

Bisa dibilang, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur perekam layar paling lengkap. Gimana nggak, aplikasi ini menyediakan tools untuk merekam layar ditambah aplikasi video editingnya pula. Bahkan aplikasi ini memiliki fitur chroma key, yang gak dimiliki oleh kebanyakan aplikasi perekam layar.

Sekian dulu yah daftar 5 aplikasi perekam layar komputer terbaik kali ini. Semoga artikel kami ini bisa menginspirasi kamu yahh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *