Developer Game Lokal, Oolean akan berperan besar? | LiteTeknoID

Developer Game Lokal, Oolean akan berperan besar?

oolean berperan besar

Oolean, Kolaborasi antara Melon dan Agate untuk Dongkrak Industri Game Lokal akankah berbuah manis esok hari?

Game developer asal Bandung, Agate bekerja sama dengan Telkom Indonesia dan perusahaan hiburan digital, Melon membangun ekosistem bagi industri game dalam negeri.

Melon dan Agate berkolaborasi memperkenalkan sebuah inisiatif bernama Oolean, Keinginan untuk meningkatkan angka game lokal yang dapat bersaing dan meraih pasar sendiri, menjadi alasan diinisiasinya Oolean.

Oolean adalah sebuah inisiatif untuk mengembangkan industri game lokal Indonesia. Oolean sendiri diambil dari bahasa Sunda, yaitu Ulin yang berarti “main” dikutip dari liputan6.com.

Penamaan tersebut dirasa selaras dengan tujuan mereka, Lingkup dari kerja sama ini akan meliputi pengembangan platform game untuk pengguna, dan pembuatan properti intelektual yang fokus memproduksi game lokal.

Juga bekerja sama dengan pengembang game lokal lain untuk membuat game yang bisa go international, serta mengembangkan platform untuk mendistribusikan game dari perusahaan lokal maupun internasional.

Game lokal akan ‘kuasai’ pasar dalam negeri.

oolean - 1
Sumber: upstation.asia

CEO PT. Melon Indonesia, Dedi Suherman, menyebut bahwa proyek ini akan berdampak positif pada sektor industri game lokal, dikarenakan para pemain sendiri sering membagikan pencapaian mereka dalam game.

Tau aja kalau anak ML sering share foto savage.

Tidak hanya itu, mereka juga merencanakan untuk mengembangkan ekosistem game lokal lewat inkubator, bekerja sama dengan brand Indigo, yang akan meluncurkan Indigo Game Startup Incubation.

Oolean nantinya akan mengayomi dan mengembangkan platform game untuk user, pembuatan IP orisinil (pada produk game lokal), bekerja sama dengan developer game lokal pula untuk membuat game yang mendunia.

“Saya harap dengan adanya Indigo Game Startup Incubation bisa memudahkan developer untuk membuat gim dan dapat mengembangkan ide-ide gim yang dimiliki,” kata Arief Widhiyasa selaku CEO Agate.

Baca Juga :   PewDiePie Telah Meraih 100 Juta Subscribers!

Mengintip latar belakang kedua perusahaan ini, Melon adalah perusahaan yang dibentuk pada 2010 sebagai joint venture company antara PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dengan SK Telecom (SKT) untuk menghadirkan layanan musik digital di Indonesia.

Sementara Agate adalah perusahaan dan pengembangan gim yang didirikan pada 2009 di Bandung, Jawa Barat.

Selain itu, fungsi Oolean pun untuk mendistribusikan game asli developer dalam negeri, yang tentunya dirancang oleh Melon.

Hanya 0.4% game karya developer lokal di Indonesia?

oolean mengembangkan game
Sumber: APK Pure

Kehadiran Agate pun jadi angin segar karena sejumlah game buatannya akan dibawah oleh Oolean. Antara lain, Onet Asli, Botol Ngegas dan Teka Teki Santai.

Judul yang mungkin lebih familiar di telinga gamer fantasi seperti Valthirian Arc: Hero School Story pun akan hadir dalam Oolean.

Kedua perusahaan besar ini mengambil peluang untuk mengembangkan industri game, karena meningkatnya pasar yang signifikan pada sektor industri game di Indonesia.

Bisa dilihat dari 2013 hingga 2017, dalam sektor industri game terdapat kenaikan sebesar 37,3 persen per tahun.

Bahkan menurut Newzoo, pada 2017 silam besarnya nilai pasar di Indonesia sudah mencapai US$ 879,7 juta, dan diprediksi pada 2019 akan naik mencapai USD 1 miliar.

Maka dari itu, mereka tidak ingin melewatkan peluang besar yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data Asosiasi Game Indonesia (AGI), melansir Jawa Pospasar game di Indonesia akan terus tumbuh, hingga menjadi lima besar pasar game global pada 2030. Akankah Oolean jadi langkah berikut bagi tercapainya prediksi ini?

Akhir Kata

Sebagai informasi, “Hanya 8% (game) yang masuk ke perusahaan Indonesia, yaitu 0.4% untuk game karya developer Indonesia, sementara sisanya, 7.6%, ke publisher Indonesia yang mempublikasikan game karya developer asing …” kata kata Arief Widhiyasa, CEO Agate.

Baca Juga :   Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6

Mungkin cukup sekian dulu sobat artikel berita mengenai perkembangan developer game di Indonesia, jika ada pertanyaan seputar artikel ini maka sobat LiteTeknoID bisa kirimkan pertanyaan melalui kolom komentar dibawah.

Kamu belum tau hero mage cilik yang licik di Mobile Legends? Berikut kamu baca artikel yang sudah kami buat Moonton rilis hero baru, ‘Lylia’ Penyihir Kecil yang Lincah

Ga usah takut dibunuh saat early game kalau kamu bisa sembunyi di tempat berikut Auto aman! Berikut 5 Lokasi Sembunyi di Bimasakti Free Fire

8 thoughts on “Developer Game Lokal, Oolean akan berperan besar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *