Kembangkan Modem 5G untuk PC, MediaTek Kerjasama dengan Intel

Perangkat yang mendukung konektivitas 5G mulai diperkenalkan sejak beberapa tahun yang lalu. Mulai tahun 2019 ini, perangkat tersebut lebih ditingkatkan lagi pengembangannya agar bisa menunjang kebutuhan komunikasi 5G yang dimulai pada tahun 2019 ini.

Tercatat, beberapa negara mulai membuka layanan 5G mereka secara resmi. Salah satunya adalah Inggris. Teknologi 5G juga sempat diperkenalkan di Indonesia saat ajang Asian Games 2018 lalu, walau hanya terbatas di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Untuk mendukung konektivitas 5G, perangkat tersebut harus disematkan modem dengan teknologi 5G. Pengembangan hal tersebut hendak dilakukan oleh dua produsen prosesor dan chipset terkemuka, MediaTek, dan Intel untuk perangkat PC di masa depan.

Kolaborasi tersebut nantinya akan mengembangkan modem 5G yang bisa disematkan ke perangkat PC, seperti laptop konsumen dan industri. Segmen industri diprioritaskan terlebih dulu dalam penggunaan teknologi 5G ini, sebelum nantinya dikomersilkan ke masyarakat umum.

“Modem 5G untuk PC ini, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Intel, merupakan integrasi yang membuat 5G bisa digunakan dan tersedia bagi platform rumah dan mobile,” kata Joe Chen, Direktur MediaTek, dalam rilis pers resminya.

Joe juga mengatakan, MediaTek bisa memperjelas keahlian mereka dalam merancang teknologi 5G untuk pasar global lewat kerjasama mereka dengan Intel.

“Lewat kemitraan ini, para konsumen akan bisa melakukan berbagai hal termasuk browsing, streaming dan game dengan lebih cepat di PC mereka, tetapi kami juga mengharapkan mereka akan bisa berinovasi dengan 5G dalam cara-cara yang bahkan kita belum bisa bayangkan sekarang,” tambah Joe.

Adapun modem 5G dari MediaTek yang akan dikembangkan tersebut memiliki dasar dari modem 5G Helio M70. Modem tersebut telah diperkenalkan pada tahun 2019 sebagai bagian dari SoC 5G terintegrasi dalam gelombang awal ponsel flagship yang mendukung 5G.

Sementara itu, laptop pertama yang akan menggunakan modem 5G hasil kerjasama MediaTek dan Intel ini adalah laptop keluaran Dell dan HP. Laptop tersebut diharapkan bisa dirilis pada tahun 2021.

Kerjasama dengan Intel ini sejalan dengan visi misi MediaTek dalam mendorong kehadiran 5G ke berbagai lini, mulai dari mobile, rumah dan otomotif. MediaTek memiliki komitmen untuk aktif dalam pengembangan teknologi 5G, serta berkolaborasi dengan industri teknologi lainnya agar bisa menciptakan ekosistem teknologi 5G yang mumpuni.

6 thoughts on “Kembangkan Modem 5G untuk PC, MediaTek Kerjasama dengan Intel

  • June 26, 2020 at 11:09 am
    Permalink

    When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get three emails with the same comment. Is there any way you can remove people from that service? Thanks!|

    Reply
  • July 1, 2020 at 7:32 am
    Permalink

    Hello to every body, it’s my first pay a quick visit of this web site; this weblog carries amazing and in fact good data in favor of visitors.|

    Reply
  • July 5, 2020 at 12:22 pm
    Permalink

    Usually I do not learn article on blogs, however I wish to say that this write-up very forced me to take a look at and do so! Your writing taste has been amazed me. Thank you, very nice article.|

    Reply
    • November 6, 2020 at 1:25 am
      Permalink

      We will improve it later. Just Check it out then

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *