Kursus Online Gratis sebagai Alternatif Kartu Prakerja

Pemerintah baru saja mengumumkan 200 ribu orang yang dinyatakan lolos gelombang 1 dalam program Kartu Prakerja, program pelatihan lewat kursus online dan insentif untuk pekerja muda. Jumlah tersebut hanya segelintir dari total pendaftar yang mencapai 5 juta orang.

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini memang membuat banyak pekerja yang terpaksa di-PHK dari tempat mereka bekerja. Hal itulah yang membuat jumlah pendaftar menjadi membludak.

Bagi kamu yang sudah mendaftar tetapi tidak lolos di program Kartu Prakerja gelombang 1, jangan putus asa dulu. Sembari menunggu kesempatan pada gelombang berikutnya, kamu bisa mengikuti kursus-kursus online gratis sebagai alternatif untuk mengasah soft skill ataupun hard skill.

Apalagi, banyak lembaga-lembaga kursus yang menawarkan program kursus online secara gratis selama masa pandemi COVID-19 ini.

Berikut ini kursus-kursus online gratis yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan dalam menunjang pekerjaan atau menambah pengetahuan.

1. Coursera

kursus online

Coursera adalah platform pembelajaran online yang berbasis di Amerika Serikat. Di sini, banyak kursus online di berbagai yang bisa kamu ikuti secara gratis, mulai dari bidang bisnis, kesehatan, seni, sains, dan lain-lain.

Menariknya, beberapa kursus gratis di Coursera diajarkan langsung oleh pengajar dari universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, mulai dari University of Pennsylvania, University of Michigan, hingga Stanford University.

Oh iya, kursus online gratis ini bisa kamu ikuti sampai 31 Mei 2020. Caranya, buka situs resmi Coursera, lalu pilih kelas yang ada label “Free“, klik tombol “Enroll for Free“, pilih “Purchase Course“. Terakhir, kamu bisa melihat kursus yang kamu pilih di daftar checkout.

2. Nikon School Online

Bagi kamu yang tertarik di dunia fotografi, kamu bisa mengikuti Nikon School Online. Salah satu produsen kamera ini menggratiskan layanan kursus fotografi online milikny sampai 30 April mendatang.

Materi yang ada di kursus tersebut cukup lengkap, mulai dari teknik dasar memotret beragam obyek dan situasi, fotografi makro, cara merekam video dengan kamera profesional, dan lainnya. Nilai lebih dari kursus di sini adalah pengajarnya yang merupakan para fotografer profesional di bidangnya masing-masing, seperti Reed Hoffman, Chris Hershman, dan fotografer profesional lainnya.

Untuk mengikuti kursus fotografi Nikon, kalian cukup mengunjungi halaman situs resminya di tautan ini.

3. edX

edX adalah platform kursus online gratis yang diinisiasi oleh Universitas Harvard dan Institut Teknologi Massachusetts.

Ada beberapa materi kursus online yang bisa kamu pilih, diantaranya ilmu komputer, data, bisnis dan manajemen, teknik, bahasa, sampai humaniora.

Untuk kamu yang berminat, bisa langsung mengunjungi website edX di tautan ini.

4. Oracle

Bagi kamu yang tertarik di dunia IT, Oracle menawarkan akses gratis konten online learning dan sertifikasi untuk program Oracle Cloud Infrastructure dan Oracle Autonomous Database.

Program kursus gratis ini sudah dimulai sejak 30 Maret 2020 dan akan berakhir setelah tanggal 15 Mei 2020.

Untuk mengikutinya kalian bisa langsung mengakses website resminya di tautan ini.

5. Google Digital Garage

Raksasa teknologi dunia, Google, juga tak ketinggalan untuk menawarkan kursus online gratis. Melalui Google Digital Garage, Google menawarkan ratusan materi kursus online gratis dari beberapa pilihan tema yang bisa kamu ambil.

Pelatihan yang diajarkan dalam Google Digital Garage sendiri lebih fokus pada skill marketing untuk membuka usaha digital.

Kalau kamu berminat, kamu cukup mengakses situs resminya di tautan ini.

Masih dirasa kurang? Tenang, kamu bisa mencoba juga tempat belajar online yang pernah kami bahas di artikel berikut ini. Selamat mencoba dan selamat belajar yahh.

5 thoughts on “Kursus Online Gratis sebagai Alternatif Kartu Prakerja

  • May 31, 2020 at 10:36 pm
    Permalink

    cool post. I just stumbled upon your article and wished to say that I’ve really enjoyed reading your article. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

    Reply
  • June 1, 2020 at 4:48 pm
    Permalink

    Pretty nice post. I just stumbled upon your post and wished to say that I’ve really enjoyed browsing your article. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

    Reply
  • June 27, 2020 at 3:40 am
    Permalink

    cool post. I just stumbled upon your post and wished to say that I’ve really enjoyed reading your blog post. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

    Reply
  • July 7, 2020 at 11:32 am
    Permalink

    I simply want to mention I am just beginner to blogging and site-building and actually enjoyed you’re page. Most likely I’m likely to bookmark your blog post . You really have incredible posts. Bless you for revealing your website.

    Reply
  • July 23, 2020 at 6:41 pm
    Permalink

    Wow, wonderful blog structure! How lengthy have you been blogging for? you made running a blog glance easy. The overall glance of your website is fantastic, as neatly as the content!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *