Linux Ubuntu vs. Windows, lebih bagus yang mana? | LiteTeknoID

Linux Ubuntu vs. Windows, lebih bagus yang mana?

Untuk menggunakan komputer, salah satu unsur penting yang harus diinstal adalah sistem operasi. Hal itu karena software-software untuk tugas yang lebih spesifik, misalnya untuk mengolah kata atau mengedit gambar, akan berjalan di bawah naungan sistem operasi.

Bicara sistem operasi, kita mengenal beberapa jenis. Dua diantaranya yang populer adalah Windows dan Linux. Keduanya sama-sama digunakan di berbagai personal computer (PC) di seluruh dunia.

Bedanya, Windows merupakan sistem operasi sumber tertutup (close source), sedangkan Linux adalah sistem operasi sumber terbuka (open source).

Linux sendiri terdiri dari beberapa jenis, atau sebutan lainnya distro. Namun, pada kali ini kami akan membandingkan salah satu distronya, yaitu Linux Ubuntu dengan Windows. Hal tersebut karena keduanya diperuntukan untuk komputer personal.

Manakah yang lebih baik? Kami merangkumnya untuk kamu semua.

dari rosehosting.com

Open Source vs Closed Source

OK, kamu udah tahu kalo Linux Ubuntu itu open source dan Windows itu closed source. Bagi sebagian pengguna, perbedaan keduanya nggak penting-penting amat. Yang penting bagi mereka, adalah bisa dipakai untuk keperluan mereka. Contoh pengguna yang seperti ini adalah pekerja kantoran yang rutinitasnya lebih berkutat pada software pengolah kata, angka, atau grafis.

Perbedaan keduanya baru terasa penting bagi kalangan profesional di bidang IT. Kebanyakan dari mereka akan memilih Linux Ubuntu agar mereka bisa meng-custom-nya dengan mudah dan nggak perlu mengeluarkan uang untuk membeli lisensi seperti Windows.

Software

Selanjutnya dari sisi software. Ketersediaan software yang mendukung Linux Ubuntu lebih sedikit ketimbang Windows. Tak jarang, hal ini menjadi alasan pengguna Linux Ubuntu untuk beralih menggunakan Windows.

Namun, bagi pengembang software, hal tersebut justru menjadi peluang untuk menciptakan aplikasi alternatif yang bisa dijalankan di Linux Ubuntu.

Baca Juga :   Huawei P40 Bakal Punya 5 Kamera Utama

User Friendly

Soal ini, Windows bisa dibilang juaranya ketimbang Linux Ubuntu. Jujur aja deh, kamu sendiri mungkin lebih familiar dengan tampilan user interface-nya Windows kan?

Meskipun Windows udah tersedia beberapa versi, namun tata letak dan user interface-nya tidak terlalu berubah drastis sehingga masih mudah untuk digunakan. Sedangkan di Linux, tata letak dari antarmukanya yang membingungkan pengguna, bahkan bisa saja terkesan sulit digunakan.

Dukungan

Bicara soal dukungan, ini tergantung dari masing-masing pengguna.

Bagi pengguna Windows, Microsoft selalu mengeluarkan update terbaru agar sistem operasi yang digunakan oleh penggunanya terhindar dari ancaman keamanan dan stabilitasnya bisa terjamin. Pengguna awam pun akan dimudahkan saat meminta dukungan terkait sistem operasi Windows yang digunakan.

Sementara itu, bagi pengguna Linux, khususnya pengguna awam, mungkin akan kesulitan saat meminta dukungan terkait sistem operasinya. Hal tersebut karena penanganan masalah suatu distro Linux bisa berbeda dengan distro lainnya.

Keamanan

Dari sisi ini, bisa dibilang Linux Ubuntu lebih unggul. Buktinya, bisa dibilang hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus atau masalah keamanan lainnya. Hal-hal tersebut hampir tidak pernah terjadi pada pengguna Linux.

Hal tersebut karena Linux didesain sebagai sistem operasi multiuser. Jika ada virus yang menjangkiti user tertentu, user lainnya tidak akan terpengaruh.

Peforma

Untuk bisa menggunakan Windows, kamu harus menyesuaikan hardware yang kamu punya agar bisa mendapatkan performa yang lebih baik.

Hal tersebut tidak berlaku bagi Linux Ubuntu, dimana sistem operasi ini masih bisa digunakan dengan spesifikasi hardware yang minimum. Bahkan, Linux Ubuntu masih terasa ringan saat digunakan pada komputer dengan RAM 512 MB atau 1GB.

Jadi, menurut kamu lebih baik Linux Ubuntu atau Windows? Semuanya kembali lagi ke kamu sebagai penggunanya. Semoga artikel kami kali ini membantu kamu untuk memilih.

Baca Juga :   Teknologi 5G XL Axiata Diuji Lewat Hologram!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *