mari memahami apa itu booting komputer | LiteTeknoID

mari memahami apa itu booting komputer

Agar bisa mengerti tentang cara kerja komputer sebelum kita mengenal tentang perangkat perangkatnya.
Booting

Booting adalah suatu proses perjalanan penyalaan komputer awal sampai pengambil alihan sistem operasi secara penuh terhadap perangkat. dalam istilah sederhana dalam komputer Boot berarti menjalankan komputer.

setelah Power komputer dihidupkan proses boot berlangsung. proses ini membuat petunjuk startup dari rom komputer diikuti dengan me-load sistem operasi dari Boot Disk.

Proses ini disebut dengan POST (Power-On Self Test).Setelah mengecek sistem tersebut selesai, BIOS akan mencari sistem operasi, memuatnya di memori ,dan mengeksekusinya. Dengan merubah setup BIOS dapat menentukan agar BIOS mencari sistem operasi ke dalam floppy disk, hard disk, CD-ROM, USB dan lain-lain, dengan urutan yang kita inginkan.

BIOS sebenarnya tidak memuat sistem operasi secara lengkap tetapi hanya memuat satu bagian dari kode yang ada di sektor pertama (first sector disebut boot sector) pada media disk yang telah ditentukan. Fragmen kode yang harus berada pada boot sector disebut sebagai boot-strap loader.

BIOS akan memuat boot-strap loader tersebut ke dalam memori diawali pada alamat contoh (0x7C00) , kemudian menjalankan boot-strap loader, selanjutnya boot-strap loader memuat Sistem Operasi dan melakukan setting yang diperlukan agar Sistem Operasi dapat berjalan. Rangkaian proses inilah yang dinamakan dengan booting.

boot-strap loader memuat Sistem Operasi dan melakukan setting yang diperlukan agar Sistem Operasi dapat berjalan. Rangkaian proses inilah yang dinamakan dengan booting.

Pengertian BIOS

apa itu booting komputer
Pengertian BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer.

BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard.

Baca Juga :   Apa sih Bedanya Antivirus dengan Antimalware?

Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

Fungsi utama BIOS

apa itu booting komputer
Fungsi utama BIOS

Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

Pengertian Shutdown

apa itu booting komputer
Pengertian Shutdown

Shutdown berfungsi untuk mematikan komputer secara keseluruhan.Saat kita memilih tombol shutdown,semua komponen komputer (RAM, hardisk, prosesor, dll) akandinonaktifkan,

yaitu diputus aliran listriknya.Pada saat ini memori komputer (RAM) dikosongkan,sehingga jika hendak menghidupkan komputer kembali,

butuh waktu cukup lama untuk me-load sistem operasi (misal Windows) kembali ke RAM.Ini terkait dengan pentingnya memori bagi komputer dan cara kerja sistem operasi.

Pengertian Sleep

apa itu booting komputer
Pengertian Sleep

Sleep dipergunakan untuk membuat komputer tertidur,maksud tertidur disini adalah,windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik .

Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada battere,kalau ternyata battere nya mau habis maka komputer akan “Bangun” sendiri dan masuk ke HIBERNATE STATE, yaitu meng-copy semua aktifitas ( memori ) di ram ke dalam HARDDISK.

Bootable

apa itu booting komputer
Bootable

Bootable merupakan sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana ditempatkan pada media penyimpanan yang berupa flashdisk, CD/DVD ROM atau media penyimpanan lainnya.

Mengapa dinamakan dengan bootable? Karena sistem operasi akan melalui first boot menggunakan sebuah media penyimpanan. Booting yang dilakukan harus melalui tahapan-tahapan yang benar,

Baca Juga :   Bing digunakan Seperempat Desktop PC di AS

misalnya saat akan mengatur pengaturan pada BIOS. Pada
BIOS tentunya harus ditentukan sesuai dengan media apa yang akan digunakan nantinya, apakah itu Harddisk, CD/DVD ROM,

Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Pengaturan seperti itu dapat dilakukan pada menu boot kemudian set boot order setelah itu tinggal atur first boot atau booting awal.

3 thoughts on “mari memahami apa itu booting komputer

  • Pingback: 6 alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan MacOS dibandingkan OS lain - LiteTekno

  • August 7, 2019 at 4:27 pm
    Permalink

    Keren Gan!!!!!… coba dari dulu nemu web ini. gampang bahasanya, ngga muter2. segini udah lengkap buat newbie kaya Ane:D.

    Dan kayaknya Agan dah ngerti bener tentang sistem komputer.
    Ane boleh kan request gitu ??, bikin artikel tentang sistem Internet juga dongggg. Ane dah nyari2 tapi pada susah dipahami bahasanya.

    mulai aja dari dasar gitu kayak Switch tu apa, Router itu apa, terus Wifi tu apa.
    pokoknya tentang sistem buat ngehubungin internet deh.

    Ditunggu ni gan artikelnya :).
    Salam dari Noooooobie Tekno:D

    Reply
    • August 8, 2019 at 8:40 am
      Permalink

      Terima kasih atas supportnya 😀
      senang bisa membantu dalam belajar.

      request kamu, kami terima. nanti dalam kurun waktu 2-3 hari mungkin akan di terbitkan kembali tentang artikel yang kamu minta.
      Happy Learning Ya 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *