Masalah HP tidak bisa di-cas (charge) dan cara mengatasinya | LiteTeknoID

Masalah HP tidak bisa di-cas (charge) dan cara mengatasinya

Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan pada jaman modern ini, manusia tidak bisa melepaskan yang namanya smartphone. Smartphone bahkan bisa mengalahkan segalanya bahkan sampai lupa dengan orang orang disekitarnya.

Langsung ke topik, barangkali kita penasaran Kenapa ya tiba-tiba handphone kita  tidak bisa di-cas ( di-charge)?

Sama seperti semua barang lainnya, tidak ada baterai smartphone dan tablet yang akan bertahan selamanya karena akhirnya semuanya melambat.

Biasanya membersihkan Port microUSB adalah Cara paling mudah dan biasanya juga efektif mengatasi masalah charging, dengan membersihkan port microUSB yang terdapat di kepala charger ataupun di handphone.

Hal ini sangat penting berbagai kotoran di tempat tersebut dapat menghalangi aliran listrik yang masuk, tapi masalah gak Cuma port yang tertutup debu atau kotoran saja, bisa jadi ada perihal lain, penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

a. Kerusakan pada Charger atau Kabel Charger

Yang pertama harus dilakukan jika kerusakan tersebut terjadi adalah cek Charger yang anda gunakan, cobalah ganti terlebih dahulu dengan charger yang lain untuk memeriksanya, apakah bisa hidup atau tidak, jika bisa dihidupkan jelas sudah bahwa kerusakan ada pada komponen charger nya (bisa saja kerusakan antara kepala charger atau ada bagian dari kabel charger ada yang putus.

Hal lain yang bisa dilakukan jika kita mau check charger juga bisa dengan cara colokan charger kita ke smartphone yang lain, apakah bisa mengisi smartphone tersebut atau tidak jika tidak, juga menjadikan indikasi charger tersebut rusak, bila sudah rusak kami sarankan untuk membeli charger baru lagi.

b. Konektor Longgar

lihatlah konektor charger yang ada pada smartphone, cek apakah terjadi kelongaran pada konektornya, hal ini dapat diindikasikan dengan cara kalau misalnya kita mau charge HP itu harus ditekan, atau digerak-gerakkan kabel USB nya supaya bisa nge-charge, sehingga arus listrik menjadi putus nyambung, bila masalah ini tetap berlanjut hubungilah dokter hahaha .., sebenarnya masalah yang dapat muncul setelah itu adalah konektornya akan rusak.

Baca Juga :   Masa Aktif Telkomsel Bisa Diperpanjang Dengan Cara Ini

Bahkan bisa terjadi saat kita charge HP satu malam, tapi saat dilihat pada pagi hari Batere masih kosong. port longgar bisa terjadi karena banyak hal, bisa saja karena kita sering memakai charger bukan untuk smartphone yang dikhususkan.

Jika menggunakan charger untuk smartphone lain dapat menjadi masalah juga, apalagi bagi kita yang sering meminjamkan charger kepada orang lain seringkali menghadapi masalah ini, atau terlalu sering lepas pasang charger, dan smartphone sering terjatuh.

c. Cungkil USB

_

Gunakan benda runcing non-logam yang dan letakkanlah benda runcing tersebut di bagian lubang depan dengan kaitan pada ujung USB yang langsung bersentuhan dengan smartphone

ungkit bagian itu sampai beberapa derajat, kalo masih kurang naik, ungkit lagi sampai lumayan bengkok

dan lakukan juga hal tersebut pada kaitan yang sebelahnya, Semoga jika hal ini dilakukan, maka kabel charger akan normal kembali.

d. Masalah Baterai

Mengganti Baterai Selain masalah pada charger, penyebab lain yang biasanya mengakibatkan proses charging tidak berjalan normal adalah baterai yang rusak.

Oleh karena itu tolong perhatikanlah kondisi fisik baterai dengan baik, apakah terdapat tonjolan? apakah hingga terlihat kembung sampai casingnya terbuka? komponen yang bengkok? dan hal-hal yang tidak wajar lainnya. Jika ciri-ciri tersebut terdapat di baterai anda, maka Anda harus membeli baterai baru untuk menggantinya.

Pastikan Anda membeli baterai ori atau baterai dari toko atau penjual yang sudah terpercaya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

e. Permasalahan hardware

Inilah tantangan yang agak berat, karena jika sudah menyangkut hardware. Khusus nya IC charger memang harus di bawa ke Service Center terdekat.

Biasanya masalah hardware bisa rusak karena seringnya bergonta ganti adapter yang tidak stabil arusnya. Jadi usahakanlah menggunakan charger yang bagus atau original bawaan handphone saja

Baca Juga :   Cara melakukan edit HOST file pada Windows

Kesimpulan

Penanganan diatas hanyalah pertolongan pertama yang sifatnya sederhana. Jika memang sudah rusak yang sangat sangat serius, lebih baik bawa saja ke service center terpercaya di kota anda.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak pernah men-charging smartphone atau tablet Anda sepanjang malam karena hal ini bisa menyebabkan panas berlebih.

Panas berlebih pun bukan masalah sepele, bia terjadi ledakan yang bisa membuat HP rusak atau bahkan kebakaran di rumah anda.

Mempraktikkan tips sederhana ini dapat membantu Anda mengelola semua masalah yang berkaitan dengan baterai yang tidak bisa di-charge.

Sampai disini saya akhiri artikel tentang Masalah HP tidak bisa di-cas (charge) dan cara mengatasi nya. Demikianlah artikel dari litetekno pada kesempatakan kali ini, jangan lupa baca postingan kami mengenai Cara menggunakan kabel USB OTG. Sampai jumpa dipostingan Litetekno berikutnya ya 😊

3 thoughts on “Masalah HP tidak bisa di-cas (charge) dan cara mengatasinya

  • October 24, 2019 at 2:01 pm
    Permalink

    I haven?¦t checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last several posts are good quality so I guess I?¦ll add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

    Reply
  • July 7, 2020 at 4:06 am
    Permalink

    I just want to mention I am just beginner to blogging and honestly liked you’re blog site. More than likely I’m planning to bookmark your blog . You amazingly come with remarkable posts. Bless you for sharing with us your website page.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *