MediaTek Helio G70 Sasar Ponsel Gaming Kelas Menengah

mediatek helio g70
Chipset Mediatek

Produsen chipset ponsel, MediaTek, diam-diam mengumumkan chipset terbaru mereka di seri G, yakni Helio G70. Posisi chipset ini berada di bawah Helio G90 dan Helio G90T yang sudah dirilis sebelumnya.

Kehadiran Helio G70 kali ini bakal melengkapi portofolio chipset Mediatek yang didedikasikan untuk ponsel gaming.

Perlu kamu tahu, Helio G70 katanya sengaja didesain untuk menawarkan pengalaman gaming bagi smartphone dengan kemampuan yang lebih rendah.

Ada rumor yang menyebut kalau Redmi 9 menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan chipset ini.

Dikutip dari GizmoChina pada 14 Januari lalu, Helio G70 hadir dengan delapan inti (core) dengan konfigurasi empat Cortex-A75 dengan kecepatan masing-masingnya 2GHz dan empat Cortex-A55 yang masing-masing memiliki kecepatan 1,7GHz.

Selain itu, chipset ini pun dibekali dengan GPU Mali-G52. Smartphone yang ditanami chipset Helio G70 ini dapat dipasangi layar dengan resolusi maksimum 1080×2520 piksel.

Dari sektor memori, Helio G70 mendukung RAM dengan kapasitas maksimum hingga 8GB LPDDR 4x dan penyimpanan internal jenis eMMC 5.1.

Tak hanya itu, chipset ini juga bakal hadir dengan dukungan satu kamera 48 Megapixel (MP) atau dua kamera belakang dengan resolusi masing-masing 16 MP yang mendukung perekaman video 30 frame per second (fps).

Chipset ini juda mendukung fitur lain di sektor kamera, termasuk fitur Face ID, rolling shutter compensation (RSC), mode bokeh, mode bokeh untuk dual camera, dan smart album yang mengandalkan artificial inteligence (AI).

Kemampuan yang dimiliki chipset terbaru Mediatek ini tidak hanya itu. Chipset ini mendukung juga integrasi suara untuk menyalakan layar, dimana fitur ini bakal mengoptimasi performa asisten suara (voice assistant) agar bisa lebih sedikit mengonsumsi daya.

Bicara konektifitas, chipset ini memiliki modem yang bisa menangani dual 4G VoLTE dengan kecepatan downlink mencapai 300 Mbps. Konektivitas lainnya yang didukung adalah Wi-Fi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 5.0.

Chipset Mediatek Helio G70 juga hadir dengan dukungan “HyperEngine Game Technology“, dimana fitur ini menjanjikan pengalaman gaming yang lebih cepat dan lancar.

8 thoughts on “MediaTek Helio G70 Sasar Ponsel Gaming Kelas Menengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *