(Panduan) Cara Menghubungkan Laptop ke TV | LiteTeknoID

(Panduan) Cara Menghubungkan Laptop ke TV

Liteteknoid.com – Panduan Cara Menghubungkan Laptop ke TV. Ditengah pandemi yang mengharuskan semua orang melakukan kegiatan dirumah, tentunya menimbulkan rasa bosan tersendiri. Tak pelak banyak orang melakukan streaming maupun menonton video youtube baik melalui ponsel maupun laptop sebagai alternatif hiburan dan sarana penghilang jenuh.

Namun tentunya menonton dengan menggunakan laptop memang dirasa kurang cukup memuaskan, pasalnya layar laptop hanyalah sebatas 14 inch saja. Bisa saja anda menggunakan bantuan alat seperti proyektor untuk lebih nyaman saat menonton bersama keluarga dirumah, namun tentu tidak semua memilikinya. Tapi jika televisi tentu hampir semua memilikinya bukan?

Ya televisi bisa menjadi salah satu solusi jitu bagi anda yang ingin menonton video drama dengan layar yang lebih lebar lagi, tentunya harus dihubungkan terlebih dahulu ya. Nah berikut ini beberapa cara menghubungkan laptop ke tv dengan mudah untuk pemula.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV

Ada dua cara yang dapat anda coba untuk menyambungkan layar laptop anda ke televisi yakni dengan media kabel HDMI, dan kabel VGA . Nah untuk lebih lengkapnya yuk simak tutorialnya dibawah ini ya.

Cara Menghubungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai tutorialnya, pastikan terlebih dahulu televisi anda sudah support dengan teknologi HDMI. Namun tentunya untuk televisi saat ini dirasa sudah memiliki fitur HDMI, tapi terkadang para pengguna tidak menyadari baik jenis dan kegunaanya.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni dengan menyalakan kedua perangkat yang akan saling dihubungkan baik itu laptop maupun televisi.
  • Selanjutnya pasang kabel HDMI dari laptop ke port HDMI yang telah tersedia pada televisi anda, biasanya terletak dibagian belakang atau sisi samping dan pastikan terpasang dengan benar.
  • Jika sudah, pilih menu AV pada remote televisi anda.
  • Nah seharusnya sampai disini dapat langsung tersambung, namun jika belum jangan khawatir karena anda harus melakukan setting pada laptop anda.
  • Masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pilih TV pada Display drop down box
Baca Juga :   5 Drawing Tablet dibawah 10 juta rupiah Terbaik 2019

Cara Menghubungkan Laptop ke TV dengan Kabel VGA

Bagi anda pengguna tv lama atau kategori tabung, tentunya jangan berkecil hati jika tidak memiliki fitur HDMI. Pasalnya pada televisi lama juga terdapat fitur VGA yang mampu menyambungkan dari laptop ke televisi.

  • Caranya cukup mudah yakni pastikan terlebih dahulu kedua perangkat yang akan disambungkan dalam kondisi on.
  • Lalu sambungkan kabel VGA dari perangkat laptop ke bagian port VGA pada televisi anda.
  • Jangan lupa untuk turut menyambungkan kabel eksternal untuk audio, karena kabel VGA hanyalah sebatas tampilan semata.
  • Setelah semua kabel terhubung, silahkan masuk ke Control Panel pada Laptop anda.
  • Kemudian pilih Display > Adjust Resolution > Pastikan Anda memilih TV pada Display drop down box. Dan selamat anda laptop anda kini telah terhubung dengan tv.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *