Pendiri Wikipedia Buat Media Sosial Bebas Iklan untuk Saingi Facebook

Salah satu pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengumumkan jejaring sosial baru bernama WT:Social. Media sosial anyar ini digadang-gadang akan menyaingi Facebook dan Twitter.

Meski bersaing dengan jejaring sosial besar, model bisnis jejaring sosial baru ini tidak seperti Facebook. WT:Social tidak mengandalkan iklan sebagai sumber pendanaan. Jejaring sosial ini lebih mengandalkan uluran tangan dari penggunanya sebagai sumber pendanaan.

Kompas.com | Medium

WT:Social didirikan dengan cita-cita untuk mendisrupsi dan mengubah dunia jejaring sosial. Caranya dengan melakukan apa yang benar untuk dilakukan ketimbang melakukan sesuatu demi kepentingan bisnis semata.

Seperti yang dilakukan Google, Facebook dan Twitter mengandalkan pendapatan dari iklan. Media-media sosial besar itu menjual data-data pribadi penggunanya kepada pengiklan.

“Model bisnis dari perusahaan media sosial, yang murni mengandalkan iklan, sangat bermasalah,” kata Wales saat menjelaskan WT:Social kepada Financial Times, yang dikutip dari ZDNet.

Jejaring sosial ini juga memiliki misi yang berbeda dengan kebanyakan media sosial lainnya. WT:Social akan menghadirkan berita yang baik dan bukan berita misleading.

Misi tersebut bisa menjawab keluhan pengguna Facebook, Twitter, atau Instagram atas banyaknya persebaran berita palsu atau clickbait demi meraup klik pengguna di ketiga media sosial tersebut.

Wales mengatakan, pihak WT:Social mengandalkan penyaringan dari pengguna sendiri untuk menangkal hoaks. Pengguna WT:Social bisa menyunting dan menghapus konten orang lain yang bermasalah.

Perlu kamu tahu, bahwa WT:Social adalah pembaruan dari situs WikiTribun Wikipedia yang sudah diluncurkan pada tahun 2017 lalu.

Seakan menjawab kekhawatiran pengguna media sosial terkait privasi, jejaring sosial ini mengklaim akan melindungi data pribadi penggunanya.

“Kami tidak akan menjual data Anda. Platform kami bertahan atas kemurahan hari pendonor untuk memastikan privasi terlindungi dan ruang sosial Anda bebas iklan,” tulis WT:Social dalam situs resminya.

Kalo kamu pengen mendaftar di media sosial ini, kamu bakal masuk daftar tunggu. Kamu ga mau nunggu? Berarti kamu harus membayar USD 12 (kurang lebih Rp 169.116) per bulan atau USD 100 (kurang lebih Rp 1,4 juta) per tahun.

Meski tergolong media sosial baru, Jimmy Wales dalam akun Twitternya, mengklaim bahwa pengguna WT:Social sudah menembus 100.000 pengguna.

Kita lihat saja gimana kiprah selanjutnya dari media sosial baru ini. Apakah bisa menjadi media sosial alternatif atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *