Penyebab iPhone Tidak Bisa Dicharge | LiteTeknoID

Penyebab iPhone Tidak Bisa Dicharge

iPhone kamu tiba-tiba tidak bisa dicharge? Tentu saja masalah tersebut menimbulkan kepanikan, apalagi jika kamu sedang membutuhkan iPhone kamu untuk melakukan sesuatu.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab dari masalah tersebut. Yang penting, kamu harus mencari tahu dulu kemungkinan timbulnya faktor-faktor tersebut. Baru setelah itu, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah di iPhone kamu.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab iPhone tidak bisa dicharge:

iphone tidak bisa dicharge
Ilustrasi iPhone | Foto: Dr.Fone

1. Port tersumbat

Port pengisian daya merupakan salah satu akses terbuka yang ada di seluruh perangkat Apple. Bagian ini sangat rentan dimasuki kotoran, debu, dan tumpukan serat dari saku kamu. Akibat sumbatan ini, saat kamu memasang kabel USB, kabel terasa seperti tersambung erat dengan port. Padahal kenyataannya, arus listrik ke iPhone tidak tersalurkan secara baik karena USB port tidak terhubung.

Eitss kamu nggak perlu khawatir. Untuk mengatasi masalah ini, kamu cukup membersihkan port tersebut. Kamu bisa meniupkan udara ke port dengan cara apapun atau mencongkel kotoran yang menempel dengan hati-hati. Namun, pastikan nggak ada cairan yang masuk atau perangkat tajam yang bisa merusak port.

2. Kualitas kabel atau charger Anda kurang baik

Port sudah dibersihkan tapi iPhone kamu masih tidak mau nge-charge? Mungkin kamu perlu memperhatikan kabel pengisian daya atau charger itu sendiri. Mungkin kualitasnya sudah buruk atau memang sejak awal kamu membeli kabel yang kualitasnya nggak bagus.

Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu membeli kabel dan charger baru serta membuang yang lama.

Untuk mengetahui kualitas kabel atau charger kamu, coba isi daya iPhone kamu menggunakan kabel atau charger yang berbeda-beda. Kamu ibsa meminjam kabel atau charger milik saudara atau temen kamu yang juga menggunakan iPhone. Baru deh, kamu bisa tahu apanya yang rusak.

Baca Juga :   Tips Push Rank PUBG Mobile untuk Pemula

3. Baterai rusak

Kemungkinan paling buruk jika dua faktor di atas bukan penyebabnya adalah logic board di iPhone kamu yang bermasalah. Jika benar, maka kamu harus pergi ke Apple Store atau service center resmi Apple untuk mengganti baterai atau memeriksa logic board di iPhone kamu.

Baterai pada iPhone adalah salah satu komponen sensitif pada perangkat tersebut. Jadi, lebih baik kamu temui spesialis iPhone yang ada di Apple Store atau service center resmi. Jangan mempercayakan perbaikan iPhone di sembarang tempat servis handphone.

Namun bila kamu sudah mencoba tiga kemungkinan di atas, tetapi baterai iPhone kamu masih juga tidak terisi, maka kamu perlu mempersiapkan diri pada skenario terburuk yang bisa terjadi.

One thought on “Penyebab iPhone Tidak Bisa Dicharge

  • July 7, 2020 at 12:34 pm
    Permalink

    I simply want to say I am just newbie to weblog and really liked this web-site. Probably I’m likely to bookmark your blog post . You absolutely come with impressive writings. Thank you for revealing your website.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *