Penyebab Seseorang Kecanduan Bermain Game | LiteTeknoID

Penyebab Seseorang Kecanduan Bermain Game

kecanduan main game

WHO sudah menetapkan bahwa kecanduan game itu sebagai gangguan mental. Sebab banyak sekali akibat negatif yang sudah terjadi pada orang yang kecanduan game, mulai dari sakit, lumpuh hingga meninggal dunia.

Game merupakan sarana hiburan yang paling banyak diminati pada saat ini, selain efisien tempat bermain, karena bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja. game juga sudah dapat dimainkan oleh seluruh jenjang usia.

Kali ini admin Litetekno akan membahas sesuatu yang agak berbeda dari topik kita yang biasa, yaitu Penyebab seseorang Kecanduan Bermain Game, karena kecanduan game merupakan masalah besar di Asia, sudah banyak korban berjatuhan di Cina, Korea, dan bahkan Indonesia, masalah ini tidak bisa dianggap remeh.

anak kecanduan main game

Bayangkan, apa yang akan terjadi jika sampai mengalami kecanduan dan tak lagi bisa berhanti bermain game sepanjang waktu?

Ada banyak hal yang menjadi penyebab kecanduan game, beberapa di antaranya seperti berikut ini:

1. Selalu berkembang dan tidak ada habisnya

Jika belasan tahun lalu game diprogram dengan menggunakan tingkatan (level) tertentu yang akan habis dan membuat game berakhir ketika gamer bisa mencapai level tertinggi, maka saat ini justru berbeda.

Kebanyakan game terus berkembang dan memiliki banyak fitur di dalamnya, sehingga tidak pernah selesai, bahkan ada yang menggunakan AI atau kecerdasan buatan sehingga membuat player merasa tertantang karena musuh bisa memprediksi pola main kita seperti Bot di DOTA 2 contohnya.

Pengembang pada umumnya akan menghadirkan berbagai fitur baru, seperti: karakter, senjata, background, skin, skill yang akan membuat para gamer terus penasaran untuk bermain dan bermain lagi tanpa ada habisnya untuk memuaskan rasa penasaran mereka.

2. Bisa Bermain Dimana Saja dan Kapan Saja

Kalau kamu generasi 80’an dan 90’an pasti akan ingat gimana susah nya untuk mencari tempat bermain, karena banyak faktor yaitu, dilarang yang punya lapak untuk bermain, ruang lingkungan yang tidak luas, tempat yang rawan untuk bermain seperti sungai, jurang, hutan, dll, tapi jaman sekarang beda, untuk bermain game saja kamu cukup menyiapkan ponsel pintar alias smartphone.

Baca Juga :   Adobe Media Encoder: Render Lebih Cepat, Hasil Maksimal

3. Kompetisi yang beragam dengan hadiah yang menjanjikan

Tingginya minat akan game membuat berbagai komunitas termasuk pengembang dan sponsor begitu antusias untuk menggelar berbagai kompetisi.

Tak hanya dalam skala kecil, berbagai kompetisi ini bahkan sering hadir dalam skala yang luas dan mendunia. Bukan hanya itu saja, sejumlah hadiah yang besar juga menanti untuk meramaikan kompetisi-kompetisi ini.

4. Game Jaman sekarang Yang bersifat Online

Perkembangan internet jaman sekarang juga menunjang minat seseorang untuk bermain game, karena rata-rata game jaman sekarang sudah menggunakan internet.

Dan dengan adanya game yang terhubung dengan internet, anak-anak kini lebih cepat mendapatkan teman-teman baru di seluruh indonesia.

5. Menyajikan “dunia lain” 

Beberapa game memang menyajikan fantasi yang kuat dan imajinatif , yakni dunia lain atau istilah jepangnya adalah “Isekai”.

Game ini memungkinkan pemainnya untuk membentuk karakter sesuai dengan keinginannya. Hal ini tentu menyenangkan, namun sekaligus bisa menjadi wadah pelarian bagi para gamer.

Berbagai games ini bisa saja membuat mereka “tenggelam” dengan berbagai imajinasi terhadap karakter, cerita dan bahkan menjadi tempat pelarian bagi mereka.

6. Game sebagai pelampiasan

Game adalah kesenangan yang tiada tara, semua penat pikiran bisa tersingkir oleh sebuah game, jangankan anak-anak, orang tua yang penat dengan kerjaan nya akan memilih game sebagai pengisi waktu santai nya.

Terkadang seorang anak yang keluh kesan dengan kehidupannya di sekolah atau rumah bisa saja melampiaskannya didalam game, memang sih akan berakibat buruk jika bahasanya sudah kasar dan kotor.

Kesimpulan

Bermain game menjadi salah satu aktifitas yang menantang dan begitu banyak diminati, hingga sebagian orang justru mengalami kecanduan permainan. Hindari kondisi ini dengan baik, yakni dengan cara bermain game dalam batas yang wajar dan terkontrol.

Baca Juga :   Playstation 5 RILIS di Indonesia

Nah, itulah beberapa Faktor yang membuat seseorang cenderung kecanduan bermain game, menurut liteteknoid.com.

Jika kamu adalah orang tua yang sedang mengawasi anak untuk bermain game, beri dan tuntunlah si anak untuk memilih game yang mendidik dan terhindar dari konten yang merusak moral, dan jangan lupa batasilah waktu bermain game. Cukup sekian terima kasih.

Sampai disini saya akhiri artikel tentang Penyebab Seseorang Kecanduan Bermain Game. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari Litetekno lainnya. 😊

Penasaran dengan Skin V.E.N.O.M milik Harley di Mobile Legends? Berikut Kerennya skin VENOM Harley, skin baru paling menggiurkan!

Atau kamu belum tau fitur Auto Buy di Mobile Legends? Berikut artikel yang sudah kami buat Mobile Legends: Fitur baru “Auto Buy” bikin player fokus main tanpa beli item

3 thoughts on “Penyebab Seseorang Kecanduan Bermain Game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *