Perbedaan Jenis System Harddisk GPT, MBR | 5 Perbedaan System Harddisk GPT dan MBR | LiteTeknoID

Perbedaan Jenis System Harddisk GPT, MBR | 5 Perbedaan System Harddisk GPT dan MBR

Perbedaan Disk GPT dan MBR
File System GPT MBR

Jenis Partisi terdapat 3 macam sebetulnya untuk jenis System harddisk yaitu GPT, MBR, Journaled. partisi MBR (Master Boot Record) dan GPT (Guid Partition Table) banyak di gunakan di system operasi Linux dan windows namun bisa juga di gunakan di Mac OS. namun untuk partisi Journaled hanya bisa terbaca di Mac OS saja, tetapi bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan partisi Journaled di Windows.

Namun kali ini LiteTekno akan membahas apa perbedaan Partisi GPT dan MBR.

1. Dukungan Kapasitas Penyimpanan

Untuk partisi Mbr hanya mendukung penyimpanan sebesar 2,2TB saja jadi percuma saja jika kalian membeli Harddisk yang berukuran lebih dari 2,2TB tidak akan terbaca jika kalian menggunakan Partition System MBR.

Lain Hal dengan GPT system ini sangat direkomendasikan karena selain dari dukungannya penyimpanan hingga 9,4ZB selain itu GPT sudah support UEFi. di zaman sekarang ini bios sudah hampir ditinggalkan tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan Bios untuk Spesifikasi Middle Kebawah.

2. Dukungan Partisi Primary

Selain kekurangan dukungan penyimpanan MBR juga memiliki kekurangan untuk partition Primary nya. karena untuk harddisk MBR hanya mensupport 4 partisi Primary saja.

sedangkan untuk Harddisk GPT sudah mesupport 128 partisi primary.

3. Menggunakan lebih dari 4 Partisi

di partition system MBR kalian hanya bisa membuat 4 partisi saja namun jika kalian ingin membuat lebih dari 4 partisi kalian harus maksimal membuat 3 partisi primary saja kemudian baru kalian bisa membuat banyak partisi logical.

namun berbeda dengan GPT kalian bebas membuat sebanyak banyak nya partition logical dengan batas maksimal primary 128 Partisi.

4. Dukungan System Operasi

Partition System MBR mendukung semua jenis system operasi kecuali Mac Os. namun untuk GPT hanya mendukung versi 64Bit saja untuk versi windows 7 kebawah. dan mendukung 32bit untuk versi windows 8 dan 10 saja.

Baca Juga :   Format video Paling Populer di Dunia

5. Dukungan UEFI Bios

Jika kalian menggunakan UEFI disarankan sekali untuk menggunakan GPT karena banyak sekali dukungan yang akan memudahkan kalian jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena GPT adalah harddisk yang mempunyai kemampuan untuk membaca UEFI lebih baik dari MBR.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya mengikuti perkembangan teknologi karena dengan kita selalu mengupdate system yang kita gunakan akan membuat dukungan – dukungan hardware di zaman modern seeperti sekarang ini menjadi sangat efisien dan lemih mudah. dibanding memaksakan untuk menggunakan produk lama yang entah dukungan hardware nya sudah usang atau tidak di perbarui kembali.

4 thoughts on “Perbedaan Jenis System Harddisk GPT, MBR | 5 Perbedaan System Harddisk GPT dan MBR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *