Perhatikan 5 hal berikut sebelum kalian Install Ulang System Operasi

System operasi adalah sebuah software penting untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras dan juga operasi – operasi dasar system.

Tanpa system operasi sebuah komputer tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun, selain itu juga banyak macam macam system operasi yang sudah dikembangkan saat ini seperti :

  1. Linux ( sudah mempunyai banyak distro )
  2. Windows
  3. Macos

Ketiga jenis system operasi tersebut sangat bervariasi jenisnya. Namun ada beberapa hal yang kalian sepelekan saat akan menginstall system operasi dan itu sangat berakibat fatal terutama kalian yang sudah menginstall system operasi dan ingin meng Install Ulang System operasi karena bermacam macam faktor.  

Menginstall System operasi adalah hal yang wajib bagi semua orang untuk mengetahui nya bukan hanya itu kalian akan terbiasa dengan kerusakan hal hal kecil dan yang sama sekali sebetulnya tidak perlu kalian bayarkan dengan budget kalian.

Tidak ada hal yang sulit kalau kita mau Membaca! .baik perhatikan hal hal berikut sebelum kalian Install Ulang System Operasi  

1. Membedakan Partisi

Hal ini kadang di spelekan oleh pemilik laptop / PC karena mereka biasanya setelah menginstall System operasi baru hanya membuat dua partisi dan mengosongkan LABEL pada partisi data.

Perlu kalian ketahui saat menginstall system operasi tidak akan terlihat partisi tersebut berlabel LOCALDISK:C / LOCALDISK:D yang terlihat hanya ukuran partisi tersebut.

Banyak sekali kejadian data terformat saat menginstall ulang System operasi, itu bisa kalian cegah. Jika kalian memberi LABEL maka akan terlihat perbedaan partisi satu dengan lainnya.

Mungkin jika Partisi kalian hanya dua mudah saja membedakan hal tersebut JIKA Hard disk kalian terdapat 4 atau 5 partisi ? akan kalian hafal space partisi tersebut .  

2. Jangan terlalu sering menginstall ulang System Operasi

Mungkin hal ini sudah banyak yang membahas apa saja dampak yang akan terjadi pada hard disk kalian. Sebagian orang mungkin sering bilang Sering menginstall system operasi umur laptop gak bakal lama … 

hal ini saya bantah sendiri. Jika kalian menginstall ulang system operasi Bukan Laptop kalian yang rusak!  tapi hard disk yang akan berkurang Space nya sedikit demi sedikit.

Kenapa harus takut hanya space yang berkurang ?, dan hal ini yang membuat takut beberapa orang untuk mencoba install ulang System operasi pada PC / Laptop nya.

Space memang berkurang tapi ingat ilmu yang kalian dapatkan dari pengalaman dan membaca akan lebih berarti ketimbang kalian menyuruh konter untuk melakukannya.  

3. perhatikan Jenis File System

File System hal yang wajib kalian perhatikan sebelum menginstall System operasi, ada dua jenis File System yaitu GPT ( Guide Partition table ) dan MBR ( Master Boot Record).

Untuk windows 10 MBR sudah tidak banyak digunakan karena sudah memakai File System GPT namun setelah saya coba partisi MBR pun support di install di Windows 10. Untuk windows 8 kebawah masih support MBR.

Selain windows seperti Linux pun masih menggunakan MBR untuk File Systemnya. Lain hal dengan Macos banyak fitur yang di kembangkan di system operasi tersebut dan juga Apple selalu punya cara agar Pelanggannya betah untuk menggunakan produknya. 

MBR sudah di tidak digunakan di Macos.

4. Backup seluruh data penting 

Semua cara di atas memang akan mengamankan data agar tidak hilang namun tidak terkecuali hal hal di luar kendali. Bisa saja saat kita akan Install ulang Hard disk tiba tiba rusak, cara ini memang terlihat buang buang waktu apa lagi data yang di backup banyak.

Tetapi harus kalian ingat secanggih canggihnya komputer juga buatan manusia LOH …. Backup data adalah hal wajib dilakukan sebelum kalian melakukan suatu hal berhubungan dengan perangkat keras.  

5. Spesifikasi 

Sebelum kalian menginstall ataupun Install ulang system operasi Wajib kalian lihat System operasi tersebut 64Bit atau 32bit ini adalah hal paling wajib kalian perhatikan.

Dan kenali juga spesifikasi kalian apakah sudah cukup memenuhi Spesifikasi dari System Operasi yang akan kalian install. Jangan sampai salah karena akan mengalami kegagalan saat instalasi.  

Kesimpulan

Menginstall System operasi itu mudah kalau kita mau membaca, mencoba, dan mau mengambil resiko. Dan resiko resiko tersebut dapat kita minimalisir dengan memerhatikan faktor faktor dari sekecil mungkin.  

3 thoughts on “Perhatikan 5 hal berikut sebelum kalian Install Ulang System Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *