perlu tau jenis jenis ram dan kegunannya

Mengenal apa itu RAM

Setelah sebelumnya aku membahas tentang Booting Komputer dan Bootable. Kita masuk ke elemen yang berfungsi cukup vital dalam kinerja sebuah Komputer, yaitu RAM (Random Access Memory). RAM merupakan sebuah Hardware untuk menyimpan memori Sementara ketika Komputer sedang digunakan. Dan bersifat Non Permanen. Yang berarti ketika komputer sedang dalam keadaan mati, RAM akan kosong dan akan terpakai kembali saat komputer dinyalakan.

Contoh : Ketika kamu sedang menggunakan Program Microsoft Word, kemudian tanpa sengaja kamu menutup Program tersebut tanpa kamu Save atau Simpan terlebih dahulu. Secara harafiah Dokumen yang sedang kamu kerjakan tadi akan tersimpan di memori RAM. Jadi kamu bisa membuka kembali dokumen tersebut dari Auto Recovery ataupun History terakhir dari Microsoft Word.

Dalam beberapa kasus, memang ada data yang langsung hilang ketika kamu menggunakan Program lain dengan Tingkat Penggunaan RAM yang Tinggi. Seperti program pengolah grafis ataupun Game. Karenanya, peran RAM sangat Vital untuk memproses beragam data yang masuk kedalam memori.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa semakin besar RAM yang dipasang, semakin cepat dan efisien pula Kinerja Komputer. Jadi ketika computer kalian terasa lambat, bisa jadi karena RAM yang terpasang pada Komputer kalian tidak memadai untuk menjalankan Game ataupun Multi Tasking.

Dan ketika kalian ingin menambah RAM, ada baiknya kalian mengetahui Jenis Jenis RAM yang beredar di Pasaran dan kegunaan khususnya. Sehingga kalian tidak bisa asal dalam menambah RAM sebuah PC/Laptop karena masing masing memiliki fungsi yang berbeda.

1. D RAM

jenis jenis ram
D RAM

(Dynamic Random Access Memory) merupakan Memory Semi Konduktor yang membutuhkan sebuah Kapasitor sebagai dasar untuk Me – refresh data yang berada di dalamnya. Dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada EDO RAM. Namun, Lebih rendah daripada SRAM

Dram biasanya digunakan untuk RAM di laptop dan Workstation komputer serta beberapa konsol permainan video RAM.

2. SD RAM

jenis jenis ram
SD RAM

(Synchronous Dynamic Random Access Memory) merupakan RAM yang umum digunakan Pada tahun 1996 hingga 2003 dan memiliki 168 saluran transfer data. Sehingga hanya memiliki memory sebesar 16MB hingga 1GB.

Jenis Ram ini digunakan untuk PC pada tahun 1996  hingga 2003, sekarang ini kamu cuman bisa melihat fosil dari ram tersebut aja guys.

3. RD RAM

jenis jenis ram
RD RAM

(Rambus Dynamic Random Access Memory) umum digunakan pada tahun 1995 hingga 2004. RAM jenis ini dikembangkan untuk computer dengan Processor Pentium 4 ataupun keperluan Gaming dengan menggunakan 184 Pin.

Jenis ram satu ini support untuk digunakan pada PC yang menggunakan Pentium 4 jadi udah jadul banget guys.

4. S RAM

jenis jenis ram
RD RAM

(Static Random Access Memory) mulai dari generasi ini lah Ram udah mempengaruhi kinerja komputer guys,  Chip pada SRAM digunakan sebagai cache memory,karena ditinjau dari kecepatannya. Jenis ram ini mampu mengimbangi kecepatan processor 500MHz atau lebih.

Bukan hanya digunakan di PC, SRAM juga di gunakan untuk perangkat elektronik lain mulai dari yang berukuran besar hingga kecil.

5. EDO RAM

jenis jenis ram
EDO RAM

(Extended Data Out Random Access Memory) Edo Ram di optimalkan untuk penggunaan PC Pentium 66MHz. sejak tahun 1997  Edo Sudah cukup modern pada eranya. Keistimewaan dari Edo Ram adalah mampu mengambil isi memori secara bersamaan , sehingga kecepatan membaca data pada ram tersebut menjadi lebih cepat.

Namun Edo tidak terlalu banyak digunakan untuk perangkat elektroni di eranya. Karena saat itu untuk PC yang memiliki kecepatan yang lebih , di rekomendasikan menggunakan SRAM.

6. FPM D RAM

jenis jenis ram
FPM D RAM

(First Page Mode DRAM)  Jenis Ram ini sudah memiliki laju transfer data dengan maksimum untuk cache L2 hampir 176 MB per detik. FPM juga hanya mampu bekerja pada rentang frekuensi antara 16MHz hingga 66MHz.

Jenis ram FPM ini dirasa memiliki kemampuan yang kurang dalam kinerja nya, jadi tidak di rekomendasikan pada eranya.

7. Flash RAM

jenis jenis ram
Flash RAM

Ram satu ini memiliki kapasitas yang rendah, dan beberapa perangkat elektronik yang menggunakan jenis ram ini adalah TV,  VCR, hingga ponsel jadul.  Flash Ram mampu mentransfer data untuk Write 88 mbps, untuk Read 5 mbps.

Saking cepatnya flash memory bisa dikatakan sebagai Hard Drive , dari pada Ram. Selain itu Flash Ram banyak digunakan pada kamera digital dan home video game console.

8. VG RAM

jenis jenis ram
VG RAM

(Video Graphic Random Access Memory) jenis ram ini adalah salah satu yang paling dibutuhkan saat ini. Karena jika kamu menonton video atau menjalankan bermain game , maka gambar tersebut diolah oleh VGRAM.

Dan VGRAM juga yang berperan penting sebuah video atau gambar bergerak, akan menghasilkan kualitas yang baik atau tidak.

9. DDR SD RAM

jenis jenis ram
DDR SD RAM

(Double Date Rate SDRAM) ini adalah jenis ram yang paling cepat saat ini. Dengan memiliki 184 pin. Ram jenis ram ini memiliki daya yang cukup rendah. Ram seperti DDR 2, DDR 3, DDR 4 adalah pengembangan dari DDR SD RAM ini.

Kapasitas jenis ram ini cukup besar sampai 4GB per chipnya.

10. SO-DIMM

jenis jenis ram
SO-DIMM

SO-DIMM merupakan jenis ram yang digunakan untuk Laptop dan notebook. selain itu bentuknya cukup kecil dari ram PC Desktop. Jenis Ram SO-DIMM perkembangannya mengikuti Ram pada Desktop atau PC.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis ram yang perlu kamu ketahui guys. Mungkin saat ini kamu telah menggunakan Ram yang sudah sangat baik dari segi kinerja dan konsumsi daya. Namun kamu setidak nya tau bahwa perkembangan Ram bisa sampai sekarang ini melalui proses yang cukup Panjang.

2 thoughts on “perlu tau jenis jenis ram dan kegunannya

    • October 17, 2019 at 2:07 pm
      Permalink

      Well, if this website satisfies you xD

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *