Petisi Online Tuntut Samsung Berhenti Pakai Exynos

Baru-baru ini, muncul sebuah petisi di Change.org yang ditujukan untuk Samsung. Petisi tersebut ditujukan agar perusahaan asal Negeri Ginseng itu tidak lagi menggunakan chipset Exynos pada produk terbarunya, terutama produk flagship.

samsung exynos
Petisi online stop pakai Exynos | Foto: Change.org

Daniel H, pengagas petisi tersebut, menuliskan alasan pembuatan petisi dalam deskripsinya. Dia mengungkapkan bahwa adanya perbedaan performa di antara perangkat Samsung yang memakai chipset Exynos dan Snapdragon. Seri Galaxy yang menggunakan Exynos diklaim lebih lambat, lebih boros baterai, serta lebih cepat panas. 

Tak hanya itu, petisi ini juga meminta Samsung untuk berhenti menanamkan sensor kamera buatannya sendiri dalam produk terbaru mereka. Perlu kamu ketahui, Samsung menjual ponsel Galaxy seri flagship di Amerika Serikat dengan chipset buatan Qualcomm dan sensor kamera dari Sony.

Petisi itu mengklaimsensor kamera Samsung memiliki performa yang lebih rendah ketimbang sensor Sony. Dalam petisi itu, juga disertakan beberapa sumber yang berisi perbandingan performa antara Snapdragon 865 dengan Exynos 990. 

“Setidaknya, kami akan mengapresiasi jika Samsung transparan mengenai ketidak-samaan ini. Sebagai alternatif, Samsung harus memastikan konsumennya tidak membayar harga yang sama persis atau bahkan lebih tinggi dari teman-teman AS kami. Kami harus menerima ini dari tahun ke tahun pada produk flagshipnya. Setiap tahun kami berharap Samsung akan memberikan produk yang sama, atau membuat komponen buatannya mampu bersaing menghadapi kompetisi.” kata Daniel H dalam deskripsi petisi tersebut. 

Sampai tulisan ini ditulis, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh 26.066 orang secara online dan masih bisa bertambah sampai saat ini.

Dikutip dari Notebookcheck pada 23 Maret 2020, hasil pengujian beberapa minggu belakangan ini menunjukkan Exynos 990 di Samsung Galaxy S20 memiliki efisiensi yang lebih buruk ketimbang produk yang sama namun menggunakan chipset Snapdragon 865. Selain itu, kemampuan Galaxy “berotak” Exynos dalam menjalankan game juga dinilai lebih buruk.

Meski begitu, kemungkinan Samsung bakal menuruti petisi ini tidak besar. Perusahaan tersebut tak mungkin bisa melepaskan bisnis besarnya hanya karena petisi yang dibuat secara online. Karena bagaimanapun juga, penggunaan Exynos membuat mereka tidak ketergantungan pada satu pemasok komponen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *