Qualcomm Snapdragon 855 Plus: Prosesor Gaming Tercepat! | LiteTeknoID

Qualcomm Snapdragon 855 Plus: Prosesor Gaming Tercepat!

qualcomm snapdragon 855 plus

Juli lalu, Qualcomm baru saja merilis System-on-Chip (SoC) paling mutakhir, Snapdragon 855 Plus. Chip tersebut merupakan versi lebih kencang dari Snapdragon 855 dengan peningkatan dari segi clockspeed.

Apa kelebihannya dari Snapdragon 855 Plus dibandingkan Snapdragon 855 sebelumnya?

Menurut Qualcomm, prosesor terbaru ini dioptimasi untuk gaming, VR, AI, dan konektivitas 5G. Meski secara keseluruhan, chip ini masih memakai desain dan tata letak yang sama dengan Snapdragon 855 biasa.

Perubahan yang terasa signifikannyanya adalah 8 core Kryo yang ada digenjot dengan clock speed sampai dengan 2,96 GHz. Namun pembaruan yang lebih terasa ada di sektor GPU, di mana menurut Qualcomm performa Adreno 640 yang dipakai meningkat 15%.

Jadi chip anyar ini bakal lebih berguna untuk smartphone yang berfokus untuk kebutuhan gaming. Diantaranya ada beberapa yang LiteTekno ketahui yaitu Asus ROG Phone 2 dan Black Shark 2 Pro. Bahkan Tidak menutup kemungkinan ada ponsel lain yang menggunakannya.

Lalu menurut Qualcomm ada juga peningkatan di sisi VR dan AI, hal tersebut bisa jadi benar. Chip ini dilengkapi AI Engine generasi ke-4 yang mampu menjalankan lebih dari 7 triliun operasi setiap detiknya.

Pembaruan juga ada pada segi konektivitas, karena Snapdragon 855 Plus diklaim bisa mempunyai daya tahan baterai seharian dengan koneksi 5G. Sama seperti pendahulunya, chip ini masih menggunakan dua modem, yaitu Snapdragon X24 LTE dan X50 5G.

Baca Juga: 7 Youtuber Gamer Cewek Cantik Indonesia Paling Terkenal

Snapdragon 855 saat ini sudah dipakai di sejumlah ponsel flagship ternama seperti Galaxy S10, LG G8 dan OnePlus 7 Pro. Sementara Snapdragon 855 Plus-nya baru dipakai di Asus ROG Phone 2 dan Black Shark 2 Pro. Bahkan tidak menutup kemungkinan Google Pixel 4 atau Galaxy Note 10 turut menggunakannya.

Baca Juga :   Cara Mengganti Tipe Network di Windows 10

Dari uji benchmarking di situs Geekbench, Snapdragon 855 Plus meraih angka 3.623 poin untuk single-core dan 11.367 poin untuk multi-core. Skor itu didapatkan dari uji coba Black Shark 2 Pro, brand yang didanai oleh Xiaomi yang ditenagai Snapdragon 855 Plus.

Dengan skor setinggi itu, tidak mengherankan mengapa Snapdragon 855 Plus menjadi chip terkuat di ekosistem ponsel Android saat ini. Hasil yang kurang lebih sama juga didapatkan dari uji coba Asus ROG Phone 2 yang juga dibekali Snapdragon 855 Plus.

Sebagai perbandingan, skor single-core Geekbench tertinggi dari Snapdragon 855 biasa adalah 4.287 poin dari Samsung Galaxy S10 (versi AS). Sementara, untuk versi multi-core dipegang oleh Black Shark 2 dengan skor 10.755 poin. Selengkapnya anda bisa lihat gambarnya dibawah ini.

Tangkapan layar skor benchmark Geekbench Snadrgaon 855 di  Balck Shark 2 (kiri) dan Asus ROG II (kanan).

Snapdragon 855 Plus memiliki delapan inti CPU Kryo 485 dengan clockspeed maksimal 2.96 GHz. Naik 0.12 GHz dari pendahulunya yang sebesar 2,84 GHz (Snapdragon 855).

Pengolah grafis Adreno 640 Snapdragon 855 Plus juga diklaim lebih tinggi 15 persen dibanding GPU yang sama di Snapdragon 855. Sudah jelas bahwa Snapdragon 855 plus ini bukan GPU sembarangan kan?

Baca juga: Realme akan Garap Ponsel dengan Kamera 64MP? Berikut Hasil Fotonya

Dengan spesifikasi ini, Qualcomm yakin bahwa sensasi gaming akan lebih berasa di ponsel Android. Smartphone dengan Snapdragon 855 Plus baru saja mulai dipasarkan pada Juli 2019 kemarin. Yaitu berada didalam ponsel Asus ROG Phone 2 dan Black Shark 2 Pro yang dirilis akhir Juli kemarin.

Sumber:
wccftech.com
tekno.kompas.com
inet.detik.com/

Kesimpulan

Jika anda ingin smartphone gaming paling kencang, maka anda belilah Smartphone yang mengusung chipset Snapdragon 855 Plus. Contohnya Asus ROG Phone 2 dan Black Shark 2 Pro.

Baca Juga :   Tik Tok Rilis HP, Ini dia Spek dan Harganya!

Berapakah spesifikasi Asus ROG Phone 2? Dan berapa harga Black Shark 2 Pro? Siapa yang baterainya lebih besar, layar lebih jumbo dan performanya dalam bermain game terbaik diantara keduanya?

Jika anda penasaran siapa yang menang dalam duel sengit antara kedua Smartphone Gaming terbaik itu dalam berbagai aspek, jangan lupa untuk baca artikel dibawah ini:
Asus ROG Phone 2 vs. Black Shark 2 Pro, Keduanya Gahar!

Sampai disini saya akhiri artikelnya. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya:

4 thoughts on “Qualcomm Snapdragon 855 Plus: Prosesor Gaming Tercepat!

  • October 24, 2019 at 1:45 pm
    Permalink

    The other day, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested to see if it can survive a forty foot drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad is now destroyed and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!

    Reply
  • July 7, 2020 at 3:41 am
    Permalink

    I simply want to mention I am just beginner to blogging and honestly savored your page. Probably I’m planning to bookmark your site . You definitely come with perfect well written articles. Cheers for sharing with us your web page.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *