Rekomendasi Aplikasi Wajib Untuk YouTuber pemula

Halo Teknokers, untuk menjadi seorang YouTuber kini bukan lagi sekedar hobi, melainkan bisa juga menjadi profesi seseorang. Siapa bilang untuk membuat konten di Youtube membutuhkan peralatan yang canggih dan mahal? untuk pemula, sebenarnya kalian sudah bisa melakukan semuanya dengan Handphone yang kalian miliki lho. Mulai dari merekam gambar, mengedit video, sampai membuat thumbnail, itu semua bisa dikerjakan dengan aplikasi yang ada di Handphone kalian. Yang terpenting, hanya tinggal memikirkan konsep konten yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Tak hanya konten video musik saja, saat akan membuka Youtube akan banyak yang kita temui konten menarik seperti seputar kecantikan, olahraga, teknologi, dan masih banyak lainnya.

Pasti kalian sering kan melihat tayangan Youtube, entah itu kontennya mengenai tentang keisengan orang ataupun terkait film yang akan rilis. Namun, untuk menjadi seorang Youtuber seperti itu sekarang ini bukanlah hal yang sulit. Kalian cukup bermodal Handphone saja cita-cita kalian menjadi Youtuber bakalan tercapai, asalkan dengan rutin dan belajar setiap hari. Jadi gaperlu lagi kalian bermodalkan komputer yang mumpuni untuk mengedit video kalian. Nah buat kalian yang tertarik menjadi seorang Youtuber dengan cuma bermodalkan Handphone, maka aplikasi berikut yang wajib kalian punya. Dijamin kualitas video kalian gak kalah keren dengan video yang direkam dengan kamera professional. Yuk mending simak dulu beberapa ulasan mengenai aplikasi yang wajib dimiliki untuk Youtuber pemula dibawah ini ya!

1. AZ Screen Recorder

Nah kalau kalian ingin bikin video tentang tutorial yang membutuhkan penjelasan menggunakan layar, atau video gameplay dari sebuah game di Handphone maka kalian bisa pakai aplikasi AZ Screen Recorder. Selain bisa merekam layar di Handphone, aplikasi ini juga menawarkan fitur camera sehingga wajah kalian tetap bisa muncul saat merekam layar. Selain memiliki fitur perekam layar di Handphone, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam fitur seperti: dapat menjeda perekaman, tanpa watermark, dan antarmuka yang sederhana. Untuk dapat menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder ini, pengguna tidak perlu me-root perangkatnya.

2. Video To Photo

Ketika ingin mengunggah video ke chanel Youtube, kalian membutuhkan thumbnail yang menarik perhatian. Nah thumbnail ini bakal menjadi cover video yang bakal dilihat pertama kali oleh penonton. Untuk membuatnya menjadi menarik, lalu ambil salah satu momen di video yang sudah siap kamu unggah untuk dijadikan thumbnail. Nah cara mengambil potongan video tersebut kalian bisa menggunakan Video To Photo, aplikasi yang dapat melakukan converting dari video menjadi format foto. Pilihlah salah satu scene yang sekiranya cocok untuk dijadikan thumbnail, lalu kamu bisa capt lebih praktis, 5 kelebihan Google Meet yang tidak ada di Zoomure scene tersebut berdasarkan time interval atau berdasarkan time image.

3. Canva

Setelah menemukan foto yang cocok untuk thumbnail nya, kalian masih bisa mengedit foto nya lagi dengan cara menambahkan teks menggunakan font dan template yang menarik. Nah aplikasi yang recommended untuk melakukan proses edit foto tersebut adalah Canva. Aplikasi Canva menawarkan banyak sekali font dan template secara gratis yang bisa langsung kalian gunakan. Karena ingin membuat foto cover untuk video di Youtuber, maka kalian pilihlah template untuk Youtube thumbnail. Kemudian kalian tinggal sesuaikan saja teks apa saja yang mau di tulis seperti, warna template, letak teks, dan sebagainya. Nah salah satu tips untuk membuat teks di thumbnail adalah pilihlah jenis font yang mudah dibaca dan gunakan font size yang agak besar agar terlihat lebih jelas dan menarik.

4. InShot

Untuk menghasilkan video yang bagus, tentu kalian pasti membutuhkan aplikasi video editor. Nah aplikasi InShot adalah salah satu video editor terlaris yang kerap direkomendasikan oleh para Vlogger profesional. Soalnya, aplikasi ini mudah digunakan oleh pemula yang baru belajar mengedit video. Di aplikasi InShot, kalian bisa trim (memotong) video, mengubah speed (kecepatan) video, menambahkan efek suara dan musik, menambah teks, memberi filter dan efek pada gambar, dan masih banyak lagi. Jika kalian terus belajar menggunakan fitur yang ada di InShot, hasil video kalian pasti gaakan kalah dengan editor pro.

5. KineMaster

Ingin edit video tanpa harus menggunakan PC? Nah sekarang ada aplikasi yang bisa kalian unduh di Smartphone kalian, sehingga untuk mengedit video akan semakin mudah. Tenang, aplikasi KineMaster sangat cocok untuk pemula karena memiliki fitur yang lengkap dan hasil akhir video kalian pun akan terlihat bagus seperti profesional. Aplikasi edit video ini juga menawarkan berbagai fitur yang menarik.  Nah fitur yang disajikanpada aplikasi ini adanya multiplayer untuk video, mengatur audio, menambahkan gambar,stiker dan tulisan tangan dalam klip video dan juga adanya beberapa fitur seperti membuat beberapa lapisan video effect dan juga adanya pratinjau instan membuat kalian mendapatkan gambaran hasil video editing, kalian juga dapat mengontrol warna dan juga kecerahan dalam video, selain itu adanya filter audio yang dapat menyeleksi audio yang kalian pilih, kalian juga dapat mengontrol kecepatan video sesuai dengan keinginan kalian, dan adanya efek transisi untuk 3D memudarkan atau berbagai efek lainnya yang kalian dapat pilih.

6. PicsArt

Beberap Youtube juga ada yang membuat video dengan menggabungkan beberapa gambar-gambar menjadi sebuah video atau menyisipkan gambar di dalam videonya. Nah gambar tersebut itu bukan asal jepret foto saja ya. Sebagai Youtuber pasti ingin menampilkan video yang berbeda dengan gambar yang menarik. Maka dari itulah kita merekomendasikan aplikasi PicsArt bagi kalian yang ingin mengedit foto sebelum disisipkan kedalam video. Di aplikasi PicsArt terdapat berbagai macam tools editing, contohnya plilhan filter, stiker, dan clipart yang beragam. Nah selain memiliki fitur yang banyak, PicsArt juga termasuk aplikasi yang mudah digunakan dengan kapasitas yang tidak terlalu berat.

7. PixelLab

Sebagai sebuah aplikasi yang sebenarnya cukup sederhana, PixelLab mempunyai fitur yang sangat banyak dan tepat guna. Kenapa tepat guna? karena apikasi ini hampir semua fitur yang disediakan itu dibutuhkan oleh pengguna. Dan ada beberapa fitur seperti Modifikasi teks yang lebih banyak dari objek lainnya. Di bagian menu disebelah kiri atas terdapat ikon pensil yang fungsinya untuk menambahkan teks baru, menyalin, mengedit, mengubah ukuran teks, memutar dan mengganti orientasi, warna dan mengubah ukuran border. Kembali ke menu bagian atas yaitu Stiker, Shape dan menggambar lalu ketuk tombol plus (+), muncul beberapa opsi input objek  baru, misalnya stiker, shape misalnya segitiga, kubus, kotak, prisma dan lain-lain. Kemudian kalian juga bisa mengunggah foto dari galeri, tanggal, teks dan lukisan tangan.

8. Youtube Studio

Nah jika kalian ingin memantau channel youtube secara detail, kalian bisa menggunakan aplikasi Youtube Studio. Aplikasi resmi dari youtube ini memudahkan kalian dalam mengelola channel youtube dimana saja dan kapan saja. Aplikasi youtube studio ini akan menampilkan komentar di setiap video, statistik video, notifikasi dari subscriber dan menjadwalkan video youtube. Dan selain itu, youtube studio juga bisa mengunggah gambar thumbnail dari setiap video di channel youtube kalian. Nah gambar thumbnail yang sudah kalian edit di aplikasi Canva dan PixelLab, tinggal di upload ke video menggunakan aplikasi youtube studio ini.

9. Lexis Audio Editor

Ketika kalian merekam video menggunakan handphone dan hanya menggunakan mikrofon internal, biasanya suara audio yang dihasilkan akan terdengar kecil. Video dengan audio yang kurang baik tentunya bakal kurang menarik kalau kalian mengunggahnya ke channel youtube. Tapi, tenang jangan khawatir karena ada aplikasi Lexis Audio Editor yang bisa mengubah suara kecil di video kalian tersebut menjadi lebih berkualitas. Cukup dengan menggunakan fitur noise reduction dan equalizer/amplifier, maka audio yang sudah di edit bisa terdengar jauh lebih baik.

10. Cinema FV-5 Lite

Cinema FV-5 adalah aplikasi kamera video professional untuk perangkat mobile. Kalian bisa menyesuaikan rekaman video terbaik dengan control top the line untuk memproduksi tampilan video yang bagus. Nah fitur utama yang ada di aplikasi cinema ini adalah menyesuaikan parameter sensor gambar, penyesuaikan fokus perekaman, jendela bidik video professional, sumber input audio, opsi pengukuran suara, rekaman dalam video 4K UHD, auto exposure, auto balance dan fitur lainnya yang bisa kalian gunakan dengan menginstalnya di handphone kalian. Untuk ukuran aplikasinya juga sangat ringan yaitu 3 MB dan untuk menguasai setiap fitur dalam aplikasi cinema, kalian perlu mengeksplor setiap fitur yang ada karena tampilannya yang cukup rumit. Untuk hasil rekaman dari aplikasi ini jangan diragukan lagi, dengan fitur lengkap yang tersedia kalian bisa membuat video menjadi lebih menarik dan langsung diupload ke channel youtube kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *