Reksadana Online: Berinvestasi semudah Internet Banking | LiteTeknoID

Reksadana Online: Berinvestasi semudah Internet Banking

Reksadana Online investasi yang menguntungkan?

Kegiatan menabung tentu saja mudah dipahami bahwa kegiatan menyimpan uang baik di celengan atau di bank sudah selayaknya membawa keuntungan.

Namun, sadarkah Anda bahwa inflasi yang terus meningkat serta biaya hidup tiap bulan justru bisa membuat jumlah tabungan anda semakin tergerus?

Karena itulah, muncul bentuk-bentuk investasi baru yang tidak hanya bertujuan untuk menyimpan uang, melainkan juga menambah nilai uang tersebut.

Investasi-investasi yang dimaksud bisa dalam bentuk deposito, saham, reksadana, dan lain sebagainya. Artikel kali ini akan membahas tentang reksadana online tersebut.

Investasi memang sudah bukan menjadi hal aneh dalam dunia modern masa kini, terutama bagi kaum milenial yang semakin mengetahui pentingnya masa depan finansial yang terjamin.

Di jaman now ini investasi reksa dana menjadi semakin mudah. Tidak ada alasan lagi bagi seseorang menunda-nunda investasi reksa dana online dengan alasan susah dan mahal. Semuanya sudah serba gampang, semua sudah bisa dilakukan secara online.

Beberapa dekade lalu, investasi properti seperti tanah dan bangunan sangat populer. Saat itu, harganya masih cenderung terjangkau dan belum setinggi saat ini. Bagaimana dengan sekarang?

Harga-harga aset properti sudah melambung di luar jangkauan pendapatan masyarakat pada umumnya. Investor ritel pun kesulitan membeli aset investasi yang diinginkan.

Baca Juga: ‘Macbook the Series’ tamat, Apple Resmi Tak Akan Rilis MacBook Lagi

Hal inilah yang mendasari ide munculnya investasi dengan modal kecil, bahkan dengan dana sebesar 10,000 rupiah saja, Anda sudah bisa menjadi investor dengan membeli reksadana online.

Investasi Reksa Dana yang pada dasarnya menitipkan dana untuk dikelola Manajer Investasi sekalipun, masih ada keuntungan dan kelemahannya.

Dan yang saya harapkan adalah kita semua sama-sama memahami keuntungan dan kelemahan Investasi Reksa Dana ini, apalagi sekarang sudah bisa berinvestasi Reksadana Online.

Reksadana Online

Investasi dipercaya mampu memberikan return atau imbal hasil yang sesuai bahkan melebihi dari ekspektasi dalam jangka waktu yang panjang.

Pertimbangan inilah yang menjadi pemikiran para investor untuk menyimpan sejumlah dana yang mereka miliki dalam kantong-kantong instrumen investasi.

Dibandingkan produk perbankan lainnya, Reksa Dana merupakan instrumen investasi yang memberikan return yang lebih tinggi.

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Reksa Dana menjadi salah satu kendaraan investasi yang banyak diminati para investor, bahkan Agen Penjual Efek Reksadana sudah mengonlinesasikan transaksi reksadana.

Kunjungi Ya: Teknologi Mac 2017 lalu yang bikin manja user dengan 2 fitur ini

Baca Juga :   Bing digunakan Seperempat Desktop PC di AS

A. Apa Itu Reksa Dana?

Reksa Dana adalah produk keuangan dimana dana investor akan dikumpulkan di satu account Manajer Investasi pada suatu lembaga keuangan.

Nanti seluruh dana para investor akan diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi, tergantung dari pilihan Reksa Dana kita.

Jenis Reksa Dana yang kita pilih akan menentukan kemana uang kita akan dialokasikan.

Adanya Manajer Investasi (MI) tentunya berisi orang-orang pilihan yang latar belakang pendidikannya berkaitan dengan keuangan, Sebagai investor Reksadana Online, kita cukup bayar fee, lalu biarkan mereka yang kelola dana investasi kita dan biarkan berkembang.

Kelebihan Reksadana Online dibanding Investasi yang lain juga adalah Reksa Dana bisa dimulai dari Rp100,000 atau bahkan Rp10.000 saja.

Modal awal tersebut relatif murah dibandingkan deposito atau obligasi, layak dicoba kan?

B. Rekomendasi Beli Reksadana Online

Anda semakin tertarik untuk beli reksadana online, tetapi masih belum tahu dimana tempat yang tepat?

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat beli reksadana online adalah memastikan layanan tersebut telah diawasi oleh OJK.

Saat ini sudah lebih dari 90 manajer investasi (MI) dan platform penyedia layanan jual beli reksadana online yang terdaftar di OJK, bahkan anda bisa menemukannya di Play Store.

Kepoin gan: FaceApp: Manipulasi wajah tapi kok Bahaya?

C. Berikut ini penyedia layanan jual beli reksadana online: 

1. IpotFund

IPOTFUND

Plaform besutan PT. Indo Premier Sekuritas ini banyak dipilih karena ramah pemula dan tidak terlalu ribet. Per Kuartal I 2019, tercatat ada 218 produk reksadana yang ditawarkan.

Ratusan reksadana tersebut dikelola oleh Manajer Investasi yang performanya dapat dipelajari di halaman List MI. 

Reksadana IPOTFUND

Dengan komitmen “Sepenuhnya berada di sisi Client”, Ipot membebaskan biaya transaksi pembelian dan penjualan reksadananya. Sama seperti Agen Penjual Efek Reksadana pada umumnya, modal awal untuk investasi di IpotFund juga sebesar 100,000 rupiah. 

2. Invisee

Invisee: Reksadana Online

Didirikan oleh PT Nusantara Sejahtera Investama, platform jual beli reksadana online Invisee mengantongi izin APERD dari OJK pada tanggal 25 November 2016.

Salah satu fitur yang menggoda dari mereka adalah Goal Planner, yang secara otomatis akan menggolongkan karakteristik investor menurut targetnya.

Minimal pembelian reksadana di Invisee sebesar 10,000 rupiah, dengan waktu proses berkisar 2-7 hari bursa.

Kabar Hangat: Kembangkan Game Lokal, Oolean akan berperan besar?

3. TanamDuit

Tanamduit: Reksadana Online

Sejak awal kemunculannya, platform jual beli reksadana online yang diluncurkan oleh PT Star Mercato Capitale ini membidik milenial sebagai pasar potensial.

Baca Juga :   Samsung Rombak Kemampuan Kamera Belakang Galaxy S11

Mendapatkan lisensi APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) dari OJK mulai tanggal 26 September 2017, TanamDuit secara berkala menambahkan beragam produk dalam layanannya.

Modal awal untuk berinvestasi reksadana sebesar 50,000 rupiah, dengan waktu proses jual beli reksadana online berkisar antara 2 hari hingga 7 hari. Selain investasi reksadana, TanamDuit juga menyediakan investasi SBR (Saving Bond Retail) yang diayomi Minna Padi Sekuritas. 

Salah satu dari Saving Bond Retail yang sering kita dengar belakangan ini karena dijual bulan Juli 2019 ini adalah SBR James Bond atau SBR007.

Berminat membeli SBR James Bond tersebut?

4. Bareksa.com

Bareksa: Reksadana Online

Didirikan oleh PT Bareksa Portal Investasi pada tahun 2013, Bareksa menjadi Marketplace reksadana online pertama di Indonesia.

Minimal investasi di Bareksa dipatok pada angka 100,000 rupiah dan 50,000 rupiah dengan berbagai jenis reksadana mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, penyertaan terbatas, indeks dan ETF, terproteksi, DPLK, serta DIRE.

Ada lebih dari 170 paket reksadana yang disediakan, lengkap dengan informasi kategori (syariah atau konvensional), dana kelolaan (mulai dari di bawah 500M hingga diatas 1T), mata uang yang dipakai (IDR dan USD), hingga performa reksadana.

Menarik untuk Dibaca: Lampaui RTX 2070! AMD rilis Radeon RX 5700 dan Radeon RX 5700 XT

5. Tokopedia Reksadana (Powered by Bareksa)

Tokopedia Reksadana: Reksadana Online

Tokopedia menghadirkan layanan jual beli reksadana online. Perbedaannya adalah pemasaran reksadana ini lewat marketplace Tokopedia yang wajib digunakan. 

Tokopedia ReksaDana eksklusif menawarkan Reksadana pasar uang dari Syailendra Dana Kas, dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dengan modal awal mulai dari 10,000 rupiah.

Sebagai informasi, Syailendra Dana Kas berhasil meraih predikat sebagai Reksadana pasar uang terbaik kategori di bawah 1 tahun versi APRDI pada tahun 2017. 

6. BukaReksa (APERD oleh Bareksa dan Tanamduit)

BukaReksa: Reksadana Online

Kini, platform e-commerce tidak hanya memfasilitasi hasrat konsumtif, melainkan juga menjadi sarana investasi yang efektif.

Salah satu startup unicorn karya anak bangsa selain Tokopedia yaitu BukaLapak, menyediakan layanan beli reksadana online dengan dana awal mulai 10,000 rupiah seperti paket CIMB Principal Bukareksa Pasar Uang dari Manajer Investasi CIMB Principal Asset Management, PT .

Melalui brand spesial yang bertitel BukaReksa, startup ini menyediakan lebih dari 20 produk Reksadana, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga saham.

Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Browser Android Terbaik

BukaReksa ini cocok deh buat kamu yang baru mengenal reksadana tapi buru-buru ingin mencapai level investor moderat atau bahkan level agresif. 

Jadi begini ilustrasinya kira-kira guys…

Kedua APERD ini (Bareksa dan Tanamduit) bekerja sama dengan kedua E-Marketplace terbesar Indonesia (Tokopedia dan Bukalapak) untuk memasarluaskan Paket Reksadana dari Manajer Investasi yang ada agar menggapai tarket konsumen mereka.

Artikel lainnya: Telkom Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia bersama ZTE

Selain APERD dan Marketplace yang menjual efek Reksadana pun masih ada E-Wallet seperti DOKU dan OVO yang memasarkan Reksadana juga.

Tapi karena admin LiteTeknoID merasa bahwa artikel ini sudah terlalu panjang maka akan LiteTekno bahas di lain artikel untuk E-Wallet tersebut.

D. Kesimpulan

Setelah 3 bulan saya mempelajari Reksadana Online, hingga kini saya masih lebih nyaman berinvestasi reksadana melalui BukaReksa, karena selain mencari high return dari paket sahamnya Sucorinvest Asset Management saya juga mencari promo menarik dari BukaReksa lol

Tapi Bareksa dan Tanamduit masih sangat nikmat saya gunakan untuk menganalisa Reksadana dan Manajer Investasi, penggunaannya gampang kok cukup buka saja websitenya.

Mungkin Anda juga punya pilihan platform online yang lain. Yang paling penting adalah bagaimana platform ini bisa memicu kita untuk bisa mulai berinvestasi di Reksadana sedini mungkin.

Berbagai platform jual beli reksadana online yang tersedia, harus tetap diimbangi dengan pemahaman tentang dasar-dasar investasi. Karena ilmu berinvestasi bukanlah ilmu yang murah.

Selain itu, perhatikan juga biaya-biaya tambahan yang mungkin dikenakan agar Anda tidak salah pilih.

So, ngga susah kan investasi reksa dana di jaman now? Bahkan beli reksadana online bisa dilakukan sambil nongkrong di coffee shop.

Untuk menjualnya kembali pilihlah waktu yang paling tepat, jangan lupa baca panduan dari para ahli dan kepoin terus berita ekonomi dan politik.

Untuk membaca berita tersebut bisa browsing di Internet atau berlangganan ke penyiar berita Online, karena LiteTekno bukan penyiar berita ekonomi dan politik 😀

Sampai disini saya akhiri artikel tentang “Reksadana Online: Berinvestasi semudah Internet Banking”. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya :

6 thoughts on “Reksadana Online: Berinvestasi semudah Internet Banking

  • Pingback: Bukan cuma GOPAY, berikut 5 Dompet Digital terbaik - LiteTekno

  • January 28, 2020 at 8:53 pm
    Permalink

    I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and hold checking for new information.

    Reply
  • July 3, 2020 at 12:42 pm
    Permalink

    With havin so much content do you ever run into any problems of plagorism or copyright infringement? My site has a lot of unique content I’ve either created myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the web without my agreement. Do you know any techniques to help stop content from being stolen? I’d truly appreciate it.

    Reply
  • July 5, 2020 at 8:29 pm
    Permalink

    Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was wondering your situation; many of us have created some nice procedures and we are looking to trade strategies with other folks, why not shoot me an email if interested.

    Reply
  • July 7, 2020 at 9:35 am
    Permalink

    I simply want to mention I am just all new to blogging and site-building and truly liked you’re web blog. Probably I’m want to bookmark your website . You surely have wonderful articles and reviews. Thanks a bunch for sharing your blog.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *