Review Xiaomi Redmi 9C

Halo Teknokers, kalian pasti sudah mengenal merk handphone yang berasal dari China ini, handphone ini sudah terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia, khususnya untuk kalangan menengah ke bawah. Tak hanya terkenal dengan harganya yang murah, tetapi juga menawarkan kualitas yang bagus. Nah ia adalah Handphone Xiaomi Redmi 9C

Ada kabar baik nih untuk kalian yang sedang mencari hanphone murah namun mempunyai spesifikasi yang bagus. Pada akhir juni lalu, Xiaomi resmi memperkenalkan produk terbarunya yang bernama “Xiaomi Redmi 9C”. Yang diklaim mempunyai baterai berkapasitas 5000 mAh. Xiaomi memasarkan Redmi 9C dengan harga yang cukup ekonomis, yakni Rp 1.399.000 untuk varian 3 GB/ 32 GB dan Rp 1.599.000 untuk varian 4 GB/ 64 GB. Dengan harga segitu kita sudah bisa membawa pulang Handphone Xiaomi Redmi 9C ini lho. Nah pasti banyak yang bertanya. Selain baterai yang berkapasitas besar,  ada apalagi sih di dalam spesifikasi handphone Xiaomi Redmi 9C ini? apa saja yang ditawarkan di Handphone seharga 1 jutaan ini? Yuk mari kita simak pembahasannya dibawah ini deh!

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 9C

OS: Android 10, MIUI 12
Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU: PowerVR GE8320
RAM: 3 GB, 4 GB
Internal Memori: 32 GB, 64 GB
Layar: 6.53 inci, 720 x 1600 piksel, 20:9 ratio
Kamera utama: 13 MP, f/2.2 + 2 MP, f/2.4 + 2 MP, f/2.4
Kamera depan: 5 MP, f/2.2
Baterai: 5.000 mAh
Konektivitas: microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0
Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi: 164.9 x 77 x 9 mm
Berat: 196 g
Warna: Midnight Gray, Sunrise Orange, Twilight Blue

Kelebihan Xiaomi Redmi 9C

Dalam ulasan kali ini kita bakalan memberikan review mengenai kelebihan dari Handphone Xiaomi Redmi 9C yang wajib mi fans ketahui sebelum kalian berniat membeli Xiaomi Redmi 9C ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 9C terbaru yang wajib kalian ketahui dibawah ini guys!

1. Triple Camera

 

Sesuai jagonnya “Jagoannya Camera Kece” untuk seukuran Handphone 1 Jutaan, Xiaomi Redmi 9C ini sudah dilengkapi triple camera. Ketiga sensor Xiaomi Redmi 9C antara lain 13 MP dengan AI Camera, 2 MP untuk depth sensor, dan 2 MP untuk macro. Untuk selfie, Redmi 9C mengandalkan sensor 5 MP di bagian depan perangkat. Dan untuk pengambilang videonya sendiri, Handphone ini sudah mendukung resolusi maksimal 1080p@30fps. Yang tidak dimiliki oleh Redmi 9C adalah lensa ultra lebar, tapi kalian masih bisa memotret melalui mode panorama untuk meraih FOV yang lebih luas. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang juga berfungsi sebagai sarana facial recognition untuk membuka kunci layar. Hasil kamera yang ditampilkan juga cukup bagus untuk handphone seharga 1 Jutaan. Bahkan dibandingkan dengan Redmi 9. Kalian hanya bisa melihat sedikit perbedaan dari kualitas gambarnya. Nah inilah berikut beberapa contoh sampel foto Redmi 9C yang bisa kalian jadi pertimbangan.

 

Nah seperti yang kalian lihat gambar di atas, Redmi 9C mampu menghasilkan gambar dengan ketajaman yang cukup baik. Tidak hanya pada siang hari, melainkan juga pada saat kondisi pencahayaan minim atau gelap.

2. Layar Ukuran Besar

Dengan perkembangan didunia Handphone, kini banyak jenis Handphone yang mempunyai ukuran layar besar. Tentunya kalian tidak akan bisa menikmati konten dengan maksimal tanpa kehadiran layar yang lebar, Nah Xiaomi Redmi 9C mengerti akan hal ini dan membekali dengan layar resolusi HD+ dengan ukuran yang cukup besar, yakni 6,53 inci. Resolusi yang dihadirkan Redmi 9C adalah 720 x 1600 piksel dengan tingkat kerapatan 269 ppi. Walau tidak seperti Redmi 9 yang menghadirkan resolusi FHD+, Redmi 9C sudah lebih dari cukup untuk memaksimalkan dengan menonton Netflix, YouTube, ataupun bermain game dan aktivitas sehari-hari lainnya. Alasannya mengapa ukuran layar Handphone zaman sekarang mempunyai ukuran yang cukup besar adalah untuk mendukung pengguna dalam bermain game atau menonton film. Nah fitur tersebut sudah bisa kamu dapatkan di Xiaomi Redmi 9C ini lho.

3. Baterai Besar dan Tahan Lama

Nah, ini yang menarik perhatian untuk handphone dengan harga 1 Jutaan, Xiaomi Redmi 9C sudah dilengkapi Baterai sebesar 5000 mAh. Dengan bermain game lama-lama tentu akan menguras baterai .Untungnya, kalian tidak perlu khawatir dengan handphone yang harga nya selangit hanya demi mendapatkan kapasitas baterai yang awet seharian lebih. Xiaomi Redmi 9C dengan baterai 5000 mAh miliknya sudah sangat layak untuk dipakai bermain game seharian tanpa kendala. Di pasaran dengan harga 1 Jutaan dan memiliki baterai 5000 mAh merupakan sebuah kelebihan yang patut diapresiasi. Oleh karena itu, Handphone ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mempunyai Handphone dengan daya tahan lama. Sangat recomended jika dilihat dari harganya yang hanya 1 Jutaan.

4. Perfoma Chipset Yang Mumpuni

Walau harganya murah, bukan berarti Redmi 9C tidak bisa dipakai untuk bermain game. Perangkat Xiaomi Redmi 9C ini sudah dibekali dengan Chipset Helio G35 dengan fabrikasi 12 nm serta terdiri dari prosesor 8 inti berkecepatan 2,3 GHz (ARM Cortex A53). Chipset ini juga disertai dengan pengolah grafis PowerVR GE 8320. Media Tek Helio G35 ini jelas memberikan performa lebih, terutama dari sisi clock speed CPU yang lebih dibandingkan dengan Media Tek Helio G25 pada Redmi 9A. Redmi 9C yang diuji tim HiTeno.com adalah versi global dengan RAM 2 GB namun yang dipasarkan di Indonesia akan memakai RAM 3 GB. Sedangkan hasil pengujian dengan Geekbench 5 yang berfokus pada kompuasti CPU, Redmi 9C ini juga mengungguli tiga pesaingnya di atas pada Multi Core performa. Redmi 9C ini menghasilkan nilai 142 Single Core dan 500 Multi Core. Dibandingkan dengan Redmi 9A yang cum 132 Single Core dan 451 Multi Core di Geekbench 5. Namun performa CPU Handphone murah ini dengan Media Tek Helio G35 ini hanya selisih tipis saja jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 439. Dengan performa yang ditawarkan Xiaomi Indonesia ini sangat menjanjikan untuk kelas Handphone murah dengan harga sampai Rp 1,7 Jutaan. Lalu bagaimana untuk dipakai bermain game? Tenang chipset ini memang dirancang untuk Handphone gaming, namun dengan harga yang sangat terjangkau ini sudah cukup lumayan jika dilihat dari harganya yang murah.

5. Pilihan Warna Yang Menarik

Tampilan luar pun tak luput dari tambahan sentuhan modern, Nah di Handphone Xiaomi Redmi 9C hadir dengan dua opsi warna yang cerah selain Midnight Grey, yaitu Sunrise Orange dan yang saya ulas, Twilight Blue yaitu bodinya sendiri terbuat dari material plastik doff, dengan tekstur garis yang cukup menarik, membuatnya menjadi tidak terlalu licin sehingga memberikan kesan bersih dan minimalis. Tampilan bodi belakangnya juga dibuat dengan modul persegi, bukan vertikal di tengah seperti Redmi 9 biasa. Sisi kiri dan kanannya dibuat sedikit melengkung atau tapered, sehingga lebih nyaman dan terasa tipis ketika digenggam. Peletakan port-nya serupa dengan Redmi 9A; triple-slot SIM di kiri, jack audio 3,5mm di atas, tombol volume & power di kanan serta lainnya seperti mikrofon, port micro-USB dan mono speaker di bawah. Sementara di belakang, ada sensor sidik jari yang cukup responsif, logo Redmi, serta modul kamera kotak yang sudah kekinian. Sensornya hanya tiga, ya, yang satu LED flash.

6. Sensor FingerPrint dan Face Unlock

Redmi 9C berjalan di platfrom Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Selain Al Face Unlock, kalian bisa memanfaatkan fitur keamanan biometrik berupa sensor sidik jari kapasitif yang bisa diakses di belakang hanphone. Tiga slot kartu siap untuk kalian isi dengan 2 Kartu SIM dan 1 microSD secara simultan. Selain itu juga, ada Bluetooth 5.0, radio FM, Jack Audio 3,5 mm, dan port Micro USB. Sebuah kelebihan yang cukup layak diapresiasi, karena Redmi 9A yang merupakan saudaranya malah menghilangkan fitur berguna ini. Tidak hanya sensor sidik jari, Redmi 9C juga dihadirkan dengan fitur pengenalan wajah atau Face Unlock yang terintegrasikan dengan kamera depannya.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Namanya juga Hanphone entry-level, pasti ada saja hal-hal yang mungkin kurang sreg untuk selera kalian. Nah, berikut kita akan sajikan beberapa poin kekurangan dari Hanphone Xiaomi Redmi 9C dibawah ini deh!

1. Masih Menggunakan Charging Port MicroUSB 2.0

Xiaomi Redmi 9C rupanya memang masih belum bisa sepenuhnya lepas dari stigma Handphone murah, karena masih menyediakan charging port yang inferior, yakni microUSB 2.0. Selain agak sulit mencolokkan kabel casan ke port, microUSB juga memiliki kelemahan pada kecepatan transfer data. Mengingat harganya yang terjangkau, cukup wajar Redmi 9C tidak disertai dengan USB tipe-C. Tapi sebelum kalian ingin mulai mencari Handphone di rentang harga di atasnya, sebenarnya masih ada beberapa Handphone dengan harga 1 Jutaan yang sudah dilengkapi dengan USB tipe-C seperti Xiaomi Redmi 8, Redmi 9, dan Redmi 8A Pro.

2. Tanpa Fast Charging

Dan ini juga merupakan hal lainnya yang disayangkan dari Redmi 9C. Hanya berbekal kapasitas baterai jumbo, tentu memerlukan waktu yang lama untuk mengecasnya. Dan karena Xiaomi Redmi 9C tidak dihadirkan dengan fast charging, kalian pun harus terpaksa menunggu berjam-jam hingga Handphone terisi dengan penuh. Jika kalian menginginkan Handphone dengan harga murah dan spesifikasinya tidak jauh dari Redmi 9C namun sudah  dibekali fast charging, nah Redmi 9 bisa menjadi pilihan yang tepat. Redmi 9 sudah dibekali dengan dukungan pengecasan 18 W sehingga memiliki durasi cas lebih cepat dibandingkan dengan Redmi 9C.

3. Tanpa Gorilla Glass

Jika kalian khawatir Handphone saat terjatuh dan menimbulkan kerusakan pada layar atau casing nya, Xiaomi Redmi 9C mungkin bukan pilihan yang tepat untuk kalian. Sebab, Xiaomi Redmi 9C tidak tersedia lapisan Corning Gorilla Glass pada layar. Padahal varian Redmi 9 biasa setidaknya sudah dilapisi Gorilla Glass 3. Bahkan Xiaomi Redmi 8 yang merupakan Handphone generasi pendahulu dari seri ini juga sudah dilapisi Gorilla Glass 5 dibagian layar. Mengingat Redmi 9, Redmi 8, dan Redmi 9C sama-sama Handphone dengan harga 1 Jutaan, layar Redmi 9C terbilang kurang unggul dari segi ketahanan dibandingkan dengan Handphone lain di rentang harga yang sama.

Kesimpulan

Tak harus mempunyai budget mahal untuk mendapatkan Handphone dengan kualitas bagus. Harga 1 jt an saja kamu sudah bisa menikmati handphone dengan spek mengumpuni. Tetapi, kembali lagi kepada kebutuhan kalian. Apa yang kira-kira kalian butuhkan dari sebuah Handphone dan sesuaikan kembali dengan budget kalian. Bijaksanalah dalam memilih Gadget agar tak menyesal suatu saat nanti.

Sekian informasi yang bisa kita sampaikan, tunggu info-info selanjutnya dari kami dan sampai jumpa kembali 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *