Ssst, ini nih bocoran prosesor AMD Ryzen APU ‘Renoir’

Akhir-akhir ini, AMD dikabarkan sudah menyelesaikan prosesor Ryzen APU generasi keempat mereka. Lalu, ada kabar mengenai roadmap AMD dalam menghadapi peluncuran produk mereka pada tahun 2020. Bocoran informasi tersebut dikabarkan oleh sebuah website teknologi asal Spanyol, Cero.

Cero mendapat informasi tersebut dari slide dengan judul “2020 And Beyond-Crusin’ For Success” yang menjabarkan penamaan prosesor yang akan dirilis AMD pada tahun 2020.

dari anandtech.com

Salah satu nama dari prosesor yang akan dirilis tersebut memiliki nama “Renoir”. APU untuk perangkat desktop dan mobile tersebut akan menggunakan chipset Zen 2 yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi 7 nm.

Prosesor tersebut dikabarkan akan diperkenalkan saat pelaksanaan CES 2020. Dikabarkan juga, prosesor ini akan memiliki performa yang lebih baik ketimbang “Picasso”, prosesor Ryzen APU generasi ketiga. 

Selain itu untuk sektor GPU, Renoir juga akan menggunakan basis VGA terbaru AMD. Kabarnya, mereka akan memilih antara Radeon Navi atau core Vega hybrid, yang dikenal punya kinerja yang cukup tinggi.

Kabarnya, prosesor tersebut akan dibekali kecepatan clock berkisar 1,7 GHz dan kecepatan clock GPU 1,5 GHz. Meski begitu, kecepatan memori GPU akan dipertahankan pada 2666 MHz DDR4. Konfigurasi tersebut bisa mencetak skor 3578 poin saat diuji menggunakan aplikasi benchmark kinerja 3DMark 11.

Tak hanya itu, ada juga bocoran konfigurasi kedua yang tidak dituliskan kecepatan memori dan clock GPU. Namun anehnya, CPU tersebut memiliki kecepatan clock di angka 1,8 GHz. Konfigurasi tersebut bisa mencetak skor 3143 poin saat diuji dengan aplikasi yang sama.

Ada juga konfigurasi terakhir yang menampilkan kecepatan clock CPU 2.0 GHz dan kecepatan clock GPU 1.1 GHz. Untuk konfigutasi ini, skor benchmark yang dicapai lebih kecil dari dua konfigurasi lainnya, yaitu di kisaran 2374 poin.

Dikutip dari Wccftech, konfigurasi CPU tersebut sebenarnya akan sangat akan menguntungkan bisnis AMD di lini laptop. Hal tersebut karena mereka bisa menciptakan laptop gaming yang cukup bertenaga dengan konsumsi daya yang jauh lebih hemat ketimbang laptop gaming lainnya.

Semua prosesor yang dikeluarkan AMD pada tahun 2020 mendatang akan masuk ke dalam fase yang dinamakan Optimization. Seperti skema Tick-Tock yang digunakan oleh Intel beberapa tahun lalu, hal ini menunjukkan bahwa prosesor yang dirilis AMD nanti adalah penyempurnaan dari micro arsitektur yang diperkenalkan pada tahun 2019. Semua prosesor yang hadir pada fase ini memakai teknologi penyempurnaan dari arsitektur Zen 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *