suka nonton film – inilah jenis kualitas film yang harus kamu ketahui

Kamu suka nonton film ?, apa kamu tau terdapat jika kamu sedang menonton film bajakan khususnya kadang resolusi dari film tersebut pecah, suaranya kecil, ataupun kualitas dari visual nya kadang tidak terlihat dengan jelas. Teryata ada cukup banyak jenis – jenis kualtis film / video. Dan dari beberapa kualtas tersebut ada beberapa jenis kualtas saja yang terbaik.

Kamu harus tau ya karena ini akan membuat kamu nyaman dalam menonton sebuah film di komputer,laptop ataupun lewat smartphone kamu. Baik inilah beberapa jenis kualitas film yang perlu kamu ketahui. Simak berikut ini ya.

1. Cam / HDCAM

kualitas film
Cam – HDCAM

Ini merupakan kualtas film yang popular dan yang terburuk. Kualtis Cam / HDCAM ini merupakan file atau video nya di ambil dari bioskop secara langsung dengan di rekam. Kadang kala suara dari kualitas Cam ini tercampur dengan suara penonton dari bioskop tersebut. Untuk visual nya kadang kala tidak terlihat jelas / Blur.

Walaupun HDCAM yang terbaru telah memiliki resolusi 1366 x 768. Tetap saja secara keseluruhan kualitas dari jenis ini sangat tidak di rekomendasikan untuk di tonton. Ini akan menjadi salah satu alternatif saja jika kamu sudah tidak sabar ingin menonton film yang kamu tunggu tetapi malas untuk pergi ke bioskop.

2. TS / HDTS

kualitas film
HDTS

TS ( Telesync ) kualitas jenis ini hampir sama dengan HDCAM namun memiliki sedikit keunggulan di audio karena kualitas jenis ini biasanya di edit terlebih dulu agar suara penonton dari bioskop bisa di minimalisir. Namun tetap saja file / videonya di ambil dengan kamera di dalam bioskop.

TS juga biasanya merekam menggunakan kamera professional di atas tripod di dekat proyeksi dengan audio agar kualitas suara nya menjadi lebih baik. TS merupakan jenis kualitas Cam namun berkualitas lebih baik.

3. SCR (Screen) / DVDScr / BDScr

kualitas film
SCR (Screen) – DVDScr – BDScr

Jenis SCR ini merupakan kualitas yang lebih baik dari TS dan Cam. File nya di dapatkan dari Salinan fim yang di kirimkan studio film sebelum tanggal rilis resmi dari DVD kepada pengritik, Lembaga sensor dan lainnya.

Kualitas ini mungkin sudah bagus namun kadang kala ada beberapa bagian blank hitam, Watermak dan lainnya yang cukup mengganggu namun hanya di sebagian film saja.

4. PVPRip ( Pay-Per-Veiw Rip)

kualitas film
PPVRip

PVPRip kualitas film ini di ambil dari  sebuah rekaman layer televisi dan dihubungkan dengan perekam video seperti DVD recorder. Kualitas dari jenis ini sudah bagus hampir sama dengan DVDRip. Format dan visual pun sudah sangat bagus. Ini merupakan salah satu alternative dari DVD yang kadang sulit di temui.

5. DVDRip

kualitas film
DVD RIP

DVDRip file yang di dapat dari DVD asli yang sudah beredar, namun yang di ambil hanya video nya saja tanpa extra fitur lainnya. DVDRip kadang lebih buruk dari DVD asli sesuai dengan Proses Rip nya. Dan kadang juga para pembajak DVDRip menggunakan kualitas yang sangat bagus. Membuat jadwal perilisan film yang sedang ada di bioskop misalnya menjadi terhenti. Wihh bahaya ya.

6. Web-DL

kualitas film
Web-DL

Kualitas jenis ini berasal dari unduhan melalui internet seperti ITune atau TV. Kualitas ini hampir mendekati blueray.

7. WEBRip

kualitas film
WEBRip

WEBRip kualitas ini memiliki gambar yang sudah bagus , namun memiliki suara yang tidak cukup baik karena kadang tercampur dengan suara lain.

Format ini biasanya dipakai di media streaming seperti DiscoveryFO, BBC Iplayer dan lainnya. Untuk kualitas nya kadang lebih baik dari Web – DL atau kadang lebih rendah. Namun yang pasti memiliki bitrate yang rendah yang bertujuan untuk menghemat bandwith streaming.

8. Bluray / HD

kualitas film
Bluray

Ini merupakan kualitas yang sudah sangat bagus dengan resolusi 1920 x 1080 dan 1080 x 720. Dan kualitas visual yang sudah sangat bagus sekali format ini merupakah salah satu format paling popular karena kenyamanan akan di dapat kalau kamu menonton film dengan kualitas ini.

9. BDRip / BRRip (Bluray Rip)

kualitas film
BDRip – BRRip (Bluray Rip)

Kulatas BDRRip ini sama dengan blueray namun sudah di kompres file nya jadi tidak memiliki size sebesar blueray, namun untuk kualitas visual tidak beda jauh dengan blueray.

10. HDTV / HDTVRip

kualitas film
HDTV – HDTVRip

Kualitas ini di dapat dari rekaman saluran tv kabel, tv digital, tv satelit dan lainnya. Jadi untuk kualitasnya sudah sangat di tidak diragukan lagi karena di tonton oleh banyak orang.

Kesimpulan

Untuk beberapa orang versi Cam memang sudah cukup karena mereka mengincar cerita atau ingin alur dari sebuah film dan mengesampingkan kualtas visualnya. Tapi tidak sedikit juga orang yang mengutaman visual yang bagus terlebih dahulu agar bisa nyaman menonton. Jadi kamu versi yang mana nih ??.

5 thoughts on “suka nonton film – inilah jenis kualitas film yang harus kamu ketahui

  • October 24, 2019 at 2:21 pm
    Permalink

    Good day very nice blog!! Guy .. Beautiful .. Wonderful .. I’ll bookmark your web site and take the feeds also…I am satisfied to search out numerous useful info right here in the post, we’d like work out extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

    Reply
  • November 16, 2019 at 3:11 am
    Permalink

    Good day! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where I could find a
    captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having trouble finding one?
    Thanks a lot!

    Reply
  • November 21, 2019 at 3:47 pm
    Permalink

    I am really happy to read this webpage posts which carries tons of helpful information, thanks for providing these data.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *