Teknologi 5G XL Axiata Diuji Lewat Hologram!

HOLOGRAPHIC BERTEKNOLOGI 5G  DARI ERICSSON

XL Axiata kembali menggelar uji coba teknologi 5G di Gedung XL Axiata. Ini merupakan uji coba jaringan 5G ketiga oleh XL Axiata. Dalam uji coba kali ini XL memamerkan telekomunikasi virtual via hologram dengan memanfaatkan jaringan generasi kelima.

Uji coba yang dilakukan di Gedung XL Axiata, Jakarta, Rabu (21/8/2019), berlangsung selama seharian penuh, setelah mengantongi izin dari Kemenkominfo untuk melakukan uji coba. Demonstrasi komunikasi virtual tersebut didukung alat dari Ericsson.

Ericsson menunjukkan dukungannya dengan menghadirkan teknologi 5G pada acara uji coba 5G XL Axiata yang diadakan di XL Axiata Tower. Ericsson mendukung trial 5G yang dilakukan XL Axiata (XL) dengan use case lebih variatif.

“Hari ini untuk melihat langsung manfaat dari jaringan 5G. Kalau tahun lalu kita sebut 5G versi satu karena fokus pada kecepatan, sekarang versi kedua yang fokus soal latensi,” ujar Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya.

“Kami terus bersiap diri mengadopsi teknologi 5G yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini. ” kata Direktur Teknologi XL Axiata tersebut.

Acara uji coba 5G ini merupakan bentuk kolaborasi antara XL Axiata dengan Ericsson yang bertujuan mencoba penerapan teknologi use cases. Use cases ini yang hanya dapat dilakukan dengan jaringan yang memiliki bandwidth yang tinggi dan pastinya berlatensi rendah.

 Yessie D. Yosetya, dalam sambutannya di hologram.
Yessie D. Yosetya, dalam sambutannya di hologram.

Baca Juga:  Telkom Kembangkan Jaringan 5G di Indonesia bersama ZTE

Teknologi dari Ericsson yang ditampilkan antara lain komunikasi virtual melalui holographic call dan cloud gaming.

Selain teknologi Holographic call dari Ericsson yang canggihnya membuat mata terpukau ada pula Cloud Gaming. Dengan teknologi 5G, cloud gaming yang membutuhkan ruang penyimpanan minim pada perangkat dengan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah menjadi sangat mungkin terjadi.

Kehadiran 5G membuka berbagai peluang baru di berbagai industri, salah satunya industri video game. Dengan teknologi 5G, cloud gaming bisa sangat membantu para pelaku industri kreatif tersebut.

Secara teknis, uji coba ini melibatkan perangkat 5G dari sisi radio, antenna hingga core dan diimplementasikan melalui holographic call yang digunakan untuk pertemuan serta kolaborasi tanpa terbatas ruang dan waktu, sebagai wujud peningkatan kualitas kerja.

Pada implementasinya, holographic call di jaringan 5G akan memungkinkan digunakan untuk meeting jarak jauh, untuk berbagai sektor baik dari sisi industrial dan bisnis, maupun perorangan misalnya di sektor pendidikan, kesehatan dan lainnya. Sehingga dapat mendorong produktivitas SDM Indonesia.

Yessie D Yosetya, Rudiantara dan Dian Siswarini
Yessie D Yosetya, Rudiantara dan Dian Siswarini

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam rupa hologram berfoto bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini di acara uji coba 5G XL Axiata pada Rabu (21/8). 

Bandwidth tinggi dan latensi yang rendah dalam teknologi 5G milik Ericsson juga memungkinkan komunikasi virtual dapat berjalan dalam waktu yang sebenarnya tanpa adanya keterlambatan.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan perseroan terus bersiap diri mengadopsi teknologi yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini.

XL berharap, uji coba ini akan memberikan banyak masukan dan informasi yang bisa semakin mematangkan persiapan menuju implementasi 5G.

Baca Juga: Helio G90: Chipset Gaming Jagoan MediaTek

Sumber:
tabloidpulsa.co.id
indotelko.com
inet.detik.com
techno.okezone.com

Akhir Kata

Sekian dari berita XL Axiata Uji Coba Teknologi 5G Pakai Hologram. Oh ya satu lagi, jangan lupa untuk baca fitur-fitur android terbaru yang akan ada di Android Q:
fitur fitur dari versi android Q terbaru 2019

Bagaimana menurut kamu? baguskah inovasi XL Axiata dengan terobosan 5G nya ini?

Sampai disini saya akhiri artikelnya. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya:

2 thoughts on “Teknologi 5G XL Axiata Diuji Lewat Hologram!

  • July 7, 2020 at 7:26 am
    Permalink

    I just want to say I’m newbie to blogging and site-building and truly savored this blog. Very likely I’m want to bookmark your site . You really have impressive posts. Thanks a lot for sharing with us your website.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *