Tik Tok Rilis HP, Ini dia Spek dan Harganya!

ByteDance, pengembang aplikasi video pendek populer TikTok, akhirnya merilis secara resmi smartphone pertama mereka. Perilisan tersebut menjawab rumor yang beredar pada bulan Mei lalu.

Smartphone tersebut bernama Jianguo Pro 3, atau nama lainnya The Nut Pro 3. Smartphone ini adalah hasil kolaborasi antara ByteDance dengan vendor smartphone asal China, Smartisan.

Salah satu bentuk kolaborasi tersebut terlihat pada awal tahun ini, dimana ByteDance telah mengakuisisi sejumlah paten dan pegawai dari Smartisan.

Dalam pengembangan smartphone tersebut, ByteDance membantu dalam penambahan sejumlah fitur-fitur kenamaan. Meski begitu, ByteDance tetap mempertahankan nama Jianguo Phone yang diberikan oleh Smartisan.

Karena dibuat oleh pengembang TikTok, smartphone ini dibekali sejumlah aplikasi pre-loaded yang dikembangkan ByteDance. Salah satunya yaitu Douyin, aplikasi TikTok versi China. Aplikasi tersebut bisa dibuka cukup dengan mengusap layar ke atas dan bisa dilakukan saat ponsel dalam keadaan terkunci.

Selain itu, smartphone ini juga bisa diberi efek-efek ala TikTok pada seluruh video dengan beragam durasi, tak hanya dalam video pendek.

dari Smartisan

Spesifikasi Jianguo Pro 3

Meski baru merilis smartphone pertama, ByteDance tak main-main dalam spesifikasi ponsel ini. Ponsel ini dibekali prosesor gaming rilisan Qualcomm, Snapdragon 855 Plus. Dipadukan dengan RAM sampai 12 GB dan memori internal sampai 256 GB. Standar tersebut sudah termasuk standar smartphone khusus gaming, yang juga tersemat di dalam ponsel premium Samsung, Galaxy Note 10.

Kapasitas baterainya 4.000 mAh dan mendukung teknologi fast charging 18W.

Dari sisi kamera, Jianguo Pro 3 mengusung empat kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 13 MP, kamera telefoto 8 MP, dan kamera makro 5 MP.

Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP dan sudah dilengkapi dengan teknologi penggabungan foto (pixel combining) untuk memperkuat detail foto selfie penggunanya.

Sistem operasi yang dijalankan pada ponsel ini adalah SmartisanOS 7 yang berbasis Android OS.

Harga dan Ketersediaan

Mengutip laman NDTV Gadgets pada Senin (4/11/2019), smartphone ini dibanderol dengan harga termurah sebesar 2.899 yuan atau sekitar Rp 5,7 juta. Namun, belum ada informasi lebih lanjut soal ketersediaan smartphone ini di luar China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *