Tips agar tidak kecanduan main game | LiteTeknoID

Tips agar tidak kecanduan main game

memaksa berhenti main game

Kemarin sudah kita bahas Penyebab seseorang kecanduan main Game, pada kali ini admin Litetekno akan membahas sesuatu yang gak beda jauh dari topik kita yang bahas kemarin, yaitu Tips Agar Tidak Kecanduan Main Game, tips ini mungkin bermanfaat bagi kamu, pacar kamu, atau anak kamu bila kamu sudah punya.

Banyak orang tua melakukan berbagai cara ekstrim untuk mencoba menyembuhkan kecanduan anak-anaknya terhadap game. Beberapa orang tua mengirim anak-anak mereka ke sekolah rehabilitasi kecanduan game yang mengerikan.

Bahkan ada Beberapa orang tua merantai anak-anak mereka ke meja belajar. Beberapa orang tua memilih untuk memukuli anak-anak mereka sendiri, dapat diakui memang ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang untuk cenderung bermain game tapi pastinya ada juga jalan keluarnya, berikut kami bahas tipsnya.

1. Kurangi waktu bermain game

Cara mengatasi kecanduan game harus dilakukan secara bertahap. Anda tidak boleh langsung menghentikan secara tiba-tiba dan kasar, misalnya langsung pensiun begitu saja dalam sehari.

Jadi, mulailah dengan mengurangi waktu bermain game. jika anda orang tua, maka Buatlah kesepakatan dengan anak tentang jumlah jam dalam sehari dan pada jam berapa saja ia bisa bermain. Pasanglah alarm atau timer setiap anak mulai bermain game. Tetapkan aturan untuk berhenti bermain game apabila waktunya sudah habis.

2. Lakukan lebih banyak hobi lainnya yang bermanfaat

Bermain game mungkin saja menjadi hobi utama, namun bukan tidak mungkin aktifitas lainnya juga menjadi hobi yang menyenangkan juga.

Lihat kembali hobi lainnya yang selama ini terlupakan atau bahkan hobi baru yang lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Jadikanlah hobi ini sebagai aktifitas baru untuk mengalihkan perhatian dari berbagai macam permainan game, sehingga hari menjadi lebih menyenangkan dan tidak fokus pada game saja.

Baca Juga :   Linux Ubuntu vs. Windows, lebih bagus yang mana?

3. Jangan Main Ketika Dicharge

Yang keempat ini merupakan salah satu ‘rem alami’ bagi gamer yang bermain di perangkat mobile, yaitu daya baterai. Ketika baterai habis, maka perangkat mobile harus dicharge, bye bye main game.

JANGAN MAIN ketika perangkat sedang dicharge. Habisnya daya baterai justru harusnya menjadi pembatas waktu bermain agar tidak kecanduan.

Jika anda memaksakan tetap ingin main ketika dicharge sangat berbahaya sekali dampaknya baik kesehatan (skala radiasi yang besar), baterai tidak terisi-isi atau bahkan berkurang, berisiko merusakkan handphone, atau bahkan menyebabkan kebakaran.

4. Jangan jadi Perfeksionis, main game asal Fun aja

ketika kamu bermain janganlah jadi terlalu perfeksionis. Tahanlah dirimu untuk mengejar semua achievement, lokasi, rahasia, event dan sebagainya.

Terimalah bahwa waktumu di dunia nyata lebih penting daripada mengejar ketertinggalan dari game favoritmu. Tamatkan dulu game yang sedang kamu mainkan segera, baru nanti eksplorasi lebih jauh di saat kamu punya waktu luang.

5. Bahas Bersama Teman Tanpa Bermain

Jika ingin tetap menguasai atau mengikuti perkembangan game tetapi tidak sambil bermain game, maka kalian bisa melakukan tips terakhir ini, yaitu membahas game bersama teman, tetapi jangan sambil bermain!

Diskusi sehat, tukar pikiran sambil ngobrol bisa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan akan game atau up-to-date sebelum bermain tanpa kecanduan bermain game, dengan cara ini kamu tetap peduli terhadap game tapi masih bisa menahan main game juga.

Kesimpulan

Itulah lima Tips agar tidak kecanduan main game yang bisa saya sampaikan. Mungkin tidak semuanya perlu kamu lakukan, tergantung kepada seberapa tingkat kecanduan sang pemain dan juga keadaan player saat ini. Kamu bisa mulai dari satu tip yang paling mungkin kamu laksanakan dan berkomitmen untuk menjalankannya.

Baca Juga :   Auto aman! Berikut 5 Lokasi Sembunyi di Bimasakti Free Fire

Apakah kamu punya tip lain untuk menghilangkan atau mengurangi kecanduan akan game?

Sampai disini saya akhiri artikel tentang Tips agar tidak kecanduan main game . Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan, sampai bertemu di artikel menarik dari Litetekno lainnya. 😊

Apakah kamu gak nyadar kalau kamu itu kecanduan main game? yuk simak Penyebab Seseorang Kecanduan Bermain Game

2 thoughts on “Tips agar tidak kecanduan main game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *