tips membeli handphone android baru | LiteTeknoID

tips membeli handphone android baru

dalam membeli sebuah smartphone kamu pasti bingung karena terdapat banyak sekali merk dan type dengan keunggulannya masing – masing. Namun terdapat beberapa aspek penting yang harus kamu perhatikan guys sebelum membeli sebuah smartphone.

Aspek – aspek inilah yang menentukan sebuah smartphone cocok dikatakan layak untuk digunakan saat ini atau gak guys. Jadi simak dengan baik ya.

1. Ukuran Layar

tips membeli handphone baru
Ukuran Layar

di zaman sekarang ini layar berukuran 4,5 inch kebawah udah gak nyaman banget guys untuk digunakan. Karena banyak smartphone di bawah 1 juta memiliki layar yang berukuran 5 inch.

Selain itu untuk beberapa game, tidak terlalu nyaman atau bahkan sulit untuk menekan button jika layar kamu kekecilan guys. Jadi kalau layar apalagi sekarang udah zamannya Streaming Video masa kamu masih nonton dengan layar 4 inch kebawah nih.

2. Ram

tips membeli handphone baru
Ram

Ram merupakan sebuah komponen yang wajib kamu perhatikan selanjutnya. Atau bisa di bilang komponen ini salah satu yang harus kamu utamakan dalam membeli sebuah smartphone.

Karena sekarang aplikasi sosial media seperti Instagram, Whatsapp, apalagi facebook , membutuhkan ram yang cukup besar untuk menjalankannya.

Tapi walau begitu ram dengan 1GB saat ini sudah terasa cukup guys, soalnya ada komponen lain yang harus kamu perhatikan selain Ram pada smartphone.

3. ROM

tips membeli handphone baru
ROM

Rom merupakan sebuah tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan Musik, Foto, Dokumen dan lainnya. Rom juga wajib kamu perhatikan guys soalnya saat kamu menginstal sebuah aplikasi, maka salah satu penyimpanan utama yang akan di tuju adalah Penyimpanan Telepon atau Rom.

Sekarang ini beberapa brand sudah mengusung nano sim pada slot sim card nya. Dan untuk menggunakan 2 sim kamu harus mengorbankan salah satu slot tersebut ingin digunakan untuk Memory Card atau Sim Card.

4. Resolusi Layar

tips membeli handphone baru
Resolusi Layar

selain ukuran layar ada juga aspek lainnya nih guys, yaitu Resolusi . Resolusi inilah yang akan menentukan gambar yang di hasilkan akan jernih atau gak nih. Percuma jika smartphone kamu memiliki layar 5Inch ke atas tetapi masih menggunakan resolusi yang rendah guys yang ada akan tampak blur, atau kurang jelas.

Aku saranin untuk sekarang carilah smartphone yang memiliki resolusi 720 pixel keatas guys.

5. Kamera

tips membeli handphone baru
Kamera

Kamera sebenarnya adalah aspek sekunder yang gak di perlukan banget buat kamu pengguna smartphone, tapi karena di zaman sekarang ini berfoto, selfie adalah hal yang sangat lumrah untuk memposting kegiatan sehari -hari , atau bahkan digunakan untuk mencari uang.

Bahkan sekarang udah banyak brand yang mengusung kamera professional pada smartphonenya. Jadi gak heran deh kalau dengan smartphone aja udah bisa memotret dengan kualitas yang sangat baik, tanpa harus membeli kamera digital yang harganya cukup mahal.

6. CPU atau Processor

tips membeli handphone baru
CPU atau Processor

Cpu adalah komponen yang paling harus kalian perhatikan guys dalam membeli sebuah smartphone, karena ini yang akan menentukan smartphone kamu akan nyaman tanpa lag saat digunakan atau gak.

Cpu merupakan sebagai otak dari semua komponen yang bekerja. Jadi jika CPU tidak kuat untuk menopang komponen lain. Yang ada lemot deh hp kamu guys.

Saya sarankan untuk menggunakan CPU dengan Dual Core keatas, karena sudah terjamin memiliki Clock Speed yang cukup untuk menjalankan aplikasi di zaman ini.

7. GPU

tips membeli handphone baru
GPU

Komponen satu ini sangat penting kalau kamu seoarang gamers guys, karena dengan GPU yang dibawah standar, maka graphic atau gambar yang muncul saat kamu bermain berat tentunya akan patah – patah, bahkan crash.

Tapi jangan khawatir guys, smartphone terbaru saat ini sudah mengusung GPU yang sangat baik untuk bermain game. Jadi jangan takut harus memiliki budget lebih untuk membeli smartphone yang mempunyai GPU yang cocok untuk bermain game.

8. Baterai

tips membeli handphone baru
Baterai

Komponen satu ini harus di perhatikan kalau kamu suka berpergian keluar, yang jauh dari Stopkontak . karena dengan memiliki mAH yang cukup besar pada sebuah Battery di Smartphone maka akan semakin lama juga baterai tersebut akan habis.

9. Jaringan Koneksi

tips membeli handphone baru
Jaringan Koneksi

Koneksi jaringan saat ini terbaik untuk Sim Card yang sudah banyak digunakan adalah Koneksi 4G. tapi aspek ini gak begitu penting guys, soalnya saat ini sudah banyak layanan yang menyediakan internet rumahan, kantor dan lainnya dan tentunya tanpa Batasan kuota guys alias unlimited.

Aspek satu ini gak begitu di perlukan,

10. Usia

tips membeli handphone baru
Usia

Usia Produk dari sebuah smartphone harus kamu perhatikan guys, pasalnya ada beberapa smartphone yang telah di produksi 5 tahun yang lalu bahkan lebih lama lagi, tapi masih memiliki spesifikasi yang memadai untuk digunakan saat ini.

Walau begitu kamu harus ingat guys, walaupun spesifikasi dari smartphone tersebut masih dikatakan layak pakai, namun kamu harus melihat kondisi mesin dari smartphone tersebut. Namanya barang elektronik akan ada umurnya sebelum benar – benar tidak layak digunakan.

Jadi perhatikan tanggal produksi dari smartphone yang ingin kamu beli guys.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih baik informasi mengenai barang yang akan kita beli, jangan sampai kamu tergoda dengan harga dan kemudian malah produk yang kamu beli tidak sesuai dengan produktivitas atau barang tersebut sudah tidak layak pakai. Jadi pelajar lebih dulu barang yang ingin kamu beli guys, kemudian jadilah pembeli yang cerdas.

2 thoughts on “tips membeli handphone android baru

  • October 24, 2019 at 2:17 pm
    Permalink

    I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You’re incredible! Thanks!

    Reply
  • July 7, 2020 at 6:51 pm
    Permalink

    I just want to mention I’m beginner to blogging and really loved you’re page. Very likely I’m planning to bookmark your blog post . You amazingly have great well written articles. Kudos for sharing your web site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *