Trik Sederhana Windows 10 yang Dapat Membantu Kamu

Windows 10 punya banyak keyboard shortcut yang bisa membantu kamu dalam melakukan pekerjaan dan menambah produktifitas. Kalo kamu pengen tahu, berikut ini adalah trik sederhana Windows 10 yang bisa membantu kamu.

trik sederhana Windows 10
Windows 10 | Foto: Selular.id

Ctrl + Shift + Enter

Cara apa yang biasa kamu lakukan jika hendak membuka aplikasi sebagai administrator?

Biasanya, kamu akan meng-klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”.

Ternyata, ada keyboard shortcut yang bisa kamu tekan untuk melakukan hal tersebut. Caranya, kamu pilih aplikasi yang akan kamu buka dari Start Menu, lalu tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Enter.

Selanjutnya, User Account Control (UAC) bakal muncul. Nah, kamu cukup klik “Yes” dan aplikasi akan terbuka dengan akses administrator.

Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + klik kiri mouse. Hanya saja, sejak update Windows 10 1903, kombinasi tersebut sudah tidak bisa digunakan

Shift + Klik Icon di Taskbar

Ketika kamu hendak membuka jendela baru di dalam aplikasi yang sedang digunakan, biasanya kamu klik kanan di taskbar, lalu klik “open” kembali kan?

Sebenarnya ada langkah mudah untuk melakukan hal tersebut. Kamu cuma perlu menggunakan kombinasi tombol Shift + klik icon di taskbar untuk membuka jendela baru (new windows).

Kamu juga bisa memakai tombol middle click di mouse (bagi beberapa mouse yang mendukug) untuk melakukan hal yang kurang lebih sama, seperti membuka link di tab baru, serta membuka aplikasi di jendela baru.

Ctrl + Shift + Esc

Ketika Windows kamu tiba-tiba nge-hang, freeze, dan bikin kamu nggak bisa melakukan aktifitas apapun di Windows, biasanya kamu akan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del kan?

Kelemahannya menggunakan kombinasi tersebut, kamu harus mengklik lagi pada Task Manager, hanya untuk menghentikan aplikasi yang menjadi masalah.

Oleh karena itu, untuk langsung membuka Task Manager, kamu cukup menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc aja. Task Manager bakal langsung terbuka tanpa perlu menginterupsi program yang sedang berjalan.

Sekian artikel kami kali ini seputar trik sederhana Windows 10 yang bisa membantu kamu. Semoga membantu yahh.

2 thoughts on “Trik Sederhana Windows 10 yang Dapat Membantu Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *