USB TYPE- C : Standar Teknologi Masa Depan

Dijaman sekarang ini banyak sekali gadget atau perangkat gawai yang memakai embel embel USB TYPE C sebagai portnya dimulai dari yang paling pertama menciptakannya adalah APPLE INC. dengan Macbook pada tahun 2014 dan beberapa vendor Laptop yang mengikuti, Komputer Desktop, Komputer Desktop bahkan Smartphone.Dan semakin tahun maka penyempurnaan teknologi tersebut akan semakin dikembangkan. Mungkin terdengar keren tapi banyak dari kita yang sama sekali tidak mengetahui apa saja kegunaan dan peruntukkannya. Beberapa poin penjelasan dibawah ini akan menggambarkan keunggulannya :

1. ULTRA FAST CHARGING


Ini adalah hal yang paling sering di iklankan tentang USB Type C dan juga paling ditunggu oleh pengguna perangkat bergerak yang sulit menemukan Sumber Listrik, yaitu MENGISI DAYA yang digadang gadang dapat mengisi Baterai HP 4000 mAh dalam waktu hanya 10 menit saja!!. Dengan 24 pin nya yang bisa menampung Arus Listrik sebesar 25 Volt dan 5 Ampere. Bayangkan betapa cepatnya kamu bisa menghemat waktu ketika kamu terjepit oleh Klien saat ingin rapat atau ketika listrik dirumahmu padam atau bahkan saat kamu lupa untuk mengisi daya saat malam tentu itu akan sangat membantumu dalam menghemat waktu.

2. Transfer Data yang lebih cepat


USB Type-C merupakan terobosan terbaru yang memungkinkan untuk Transfer data yang lebih cepat, dikatakan bahwa bisa mentransfer data hingga kecepatan 10Gbps (bayangkan 10 Gigabits data di transfer dalam waktu 1 detik, pasti sangat cepat sekali kan). Dengan teknologi 24 Pin nya yang mengindikasikan Output yang lebih Besar juga. Apalagi di era modern ini banyak sekali orang yang menyimpan data di perangkat yang bahkan sangat besar. Hingga bergiga giga. Dengan adanya USB Type-C ini tentu akan meningkatkan efisiensi waktu yang digunakan.

3. Desain yang tidak akan pernah salah


Kenapa kami menyebutnya seperti itu? Karena design dari usb ini tidak akan pernah menyebabkan kamu salah untuk menghubungkan USB Type-C dengan Portnya. Karena design nya yang pipih dan memiliki bentuk atas dan bawah yang sama saja, maka kamu tidak perlu takut untuk mencolokkannya. Bahkan design nya ini lebih kecil dan ringkas daripada design USB lainnya. Sehingga kamu mudah untuk membawa nya kemana mana.

4. Kompatibel dengan banyak Perangkat


Seiring dengan berkembangnya teknologi pasti kedepannya akan semakin banyak orang yang memiliki perangkat dengan Port USB Type-C, dimulai dengan produk Macbook yang terkenal Ganas,beberapa jenis Headset yang menjadikan Port Connectornya adalah USB Type-C hingga Handphone dengan brand terkenal yang menjadikan nya port utama untuk mengisi daya. Maka diprediksi kedepannya USB Type-C ini akan menjadi pengganti USB Konvensional (USB Type B)

5. Menampilkan Gambar Resolusi 4K

Ini adalah fitur yang paling menarik menurut aku karena kamu bisa membuka film dengan resolusi 4K di HP dan kamu bisa memproyeksikannya ke Monitor atau Smart TV kamu dengan mudah hanya dengan menggunakan USB Type-C ini. Cukup Plug And Play maka Film kamu akan berada di layar yang lebih lebar. Menarik sekali kan? Walau ini Bisa jadi awal kemerosotan PC karena fungsi PC banyak digantikan oleh perangkat mobile kamu yang cenderung praktis.

6. Standar Teknologi Masa Depan


Dengan banyaknya keunggulan yang ada maka 3 hingga 5 tahun mendatang (terhitung dari tahun 2020) maka USB Type-C ini akan digunakan di semua perangkat masa depan. Bahkan kita bisa menyambungkan HP dengan Harddisk tanpa takut akan adanya kegagalan transfer data.

Kesimpulan :
Teknologi akan selalu berkembang setiap tahun, setiap bulan, setiap hari, bahkan setiap detik. Teknologi tidak akan ada habisnya jika kamu ingin selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada tapi cukuplah kamu memaksimalkan teknologi yang kamu punya.
Salam Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *