Windows 10 akan Tampilkan Suhu GPU di Task Manager | LiteTeknoID

Windows 10 akan Tampilkan Suhu GPU di Task Manager

windows 10 Task Manager akanmenampilkan suhu GPU

Siapa lagi yang tidak kenal dengan OS Windows 10? Sistem Operasi super-populer dari Microsoft ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian, bahkan saya sendiri menggunakan Windows 10.

Tetapi ketika kami para pelaku multimedia sedang memasak buah kreatifitas kami. Baik itu ilustrasi, edit video, membuat animasi atau bahkan bermain game pastinya sangat membebani Kartu Grafis.

Terutama inilah masalah yang sering dihadapi oleh para gamer dan pengolah multimedia adalah memanasnya kartu VGA (GPU) yang dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat.

Ini mengakibatkan suhu PC naik secara keseluruhan, dan pada satu titik mungkin akan menyebabkan macet atau restart pada komputer. Mengerikan bukan?

Namun Microsoft nampaknya ingin meningkatkan pantauan terhadap masalah suhu ini dengan menyertakan statistik suhu GPU di Task Manager Windows 10!

Baca Juga: cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca

Terungkap bahwa di Windows Insider build 18963, Task Manager kini menunjukkan suhu GPU. Ini akan menjadi bagian dari Update 20H1 Windows 10 yang akan diluncurkan versi stabilnya pada sekitar Mei 2020.

Build ini menambahkan statistik baru pada fitur grafik yang sudah ada di Task Manager. Sebelumnya memang Task Manager sudah menunjukkan pantauan terhadap nama GPU dan kinerjanya bagi PC kamu yang mana akan bermanfaat untuk mengambil keputusan saat akan menjalankan game berat atau software berat.

Tetapi kini, ‘suhu GPU’ (GPU Temperature) juga muncul saat kamu memilih tab GPU di tab Performance. 

windows 10 Task Manager yang sudah menampilkan suhu GPU

Tapi mungkin tidak semudah itu dalam melihat semua suhu GPU anda, karena memang masih Ada batasan. Batasan tersebut antara lain:

  1. Ini hanya bekerja pada GPU khusus (dedicated), bukan GPU yang terintegrasi pada motherboard. Kamu juga akan perlu untuk mengupdate model driver baru agar bisa mendeteksi suhu GPU ini.
  2. Pembatasan lainnya adalah, suhu GPU ini hanya menampilkan dalam ukuran Celcius, belum bisa dalam Fahrenheit (Satuan ini lebih populer di Amerika Serikat – Keputusan yang cukup unik mengingat Microsoft berbasis di AS).
Baca Juga :   Ini Dia Perbedaaan Xiaomi Mi Note 10 Pro dengan Mi Note 10

Wow saya pun cukup terkejut setelah mengetahuinya, terutama adalah batasan nomor 2 tersebut. Mengapa harus Celcius ya?

Jika Microsoft berbasis di AS maka menggunakan Farenheit adalah pilihan yang cukup logis. Sedangkan jika Windows 10 ini diperuntukkan bagi pengguna Internasional maka satuan yang digunakan seharusnya adalah Kelvin. Karena Kelvin adalah Satuan Internasional untuk suhu.

Tapi saya rasa kebijaka Microsoft dalam menetapkan parameter suhu GPU berbasis perhitungan Celsius pun sangat mudah diperhitungkan bagi kita. Di Indonesia kan kita menggunakan Celsius, jadi tidak perlu pusing-pusing konversi ke Farenheit atau Kelvin.

Memang sih saya rasa Akan lebih keren jika Microsoft menambahkan lebih banyak statistik untuk Task Manager. Dengan demikian, kita bisa memantau lebih menyeluruh setiap komponen yang terdapat dalam CPU kita langsung dari satu sumber saja.

Sumber: 
HowtoGeek
winpoin.com
mediaaipos.wordpress.com

Akhir Kata

Melihat build update terbaru dari Windows 10 ini, akankah kamu tertarik untuk memperbarui Sistem Operasi kesayangan kamu? Jawab di kolom komentar ya…

Sampai disini saya akhiri artikelnya. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya:

3 thoughts on “Windows 10 akan Tampilkan Suhu GPU di Task Manager

  • October 24, 2019 at 1:14 pm
    Permalink

    Nice post. I used to be checking continuously this weblog and I’m impressed! Very useful information particularly the ultimate part 🙂 I maintain such information a lot. I was seeking this particular info for a very lengthy time. Thanks and best of luck.

    Reply
  • November 25, 2020 at 3:17 am
    Permalink

    I do consider all of the concepts you’ve presented for
    your post. They’re really convincing and can definitely work.
    Still, the posts are very short for starters.
    May you please lengthen them a bit from subsequent time? Thank you for the post.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *